Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari TikTok Live Tanpa Jualan Untuk Pemula

TikTok: Videos, Lives & Musik
TikTok Pte. Ltd.
Aplikasi
240.19 KB
Nov 4, 2022
4.4 and up
Google Play
Bagaimanapun Anda sampai di sini, selamat datang. Inilah cara menghasilkan uang di TikTok.

TikTok menempati peringkat ke-6 platform media sosial yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif pada Januari 2022. Itu adalah pasar yang besar.

Banyak orang telah menemukan cara untuk mendapatkan uang di TikTok, dan beberapa menganggapnya sebagai pekerjaan penuh waktu. Baca terus untuk strategi terbaik untuk menghasilkan uang di aplikasi

Bisakah Anda menghasilkan uang di TikTok?

Jawaban singkatnya adalah: Ya.

Untuk menghasilkan uang di TikTok secara langsung, Anda harus berusia 18 tahun ke atas, memiliki lebih dari 10.000 pengikut, dan memiliki setidaknya 100.000 tampilan selama 30 hari terakhir. Anda kemudian dapat mengajukan permohonan ke Dana Pembuat TikTok di aplikasi.

Tapi seperti melukis gambar atau menentukan status hubungan mantan, menghasilkan uang di TikTok membutuhkan sedikit kreativitas. Meskipun ada metode resmi yang didanai aplikasi untuk menghasilkan uang, ada banyak cara lain untuk menghasilkan uang di platform—bahkan jika Anda tidak memiliki banyak pengikut.

Mirip dengan pembuat media sosial yang aktif di platform lain, banyak pengguna TikTok telah mencapai kesuksesan finansial melalui aplikasi. Dan sementara TikTok mungkin tampak seperti batas baru, strategi yang dapat Anda gunakan untuk menghasilkan uang mungkin akan terlihat familier (lihat panduan kami untuk menghasilkan uang di Instagram dan Youtube).

Ada banyak cara untuk menghasilkan uang di TikTok (lihat di bawah), dan cara Anda memonetisasi akun akan menentukan penghasilan Anda.

4 cara menghasilkan uang di TikTok

1. Bermitra dengan merek yang Anda percaya

Konten bersponsor di TikTok didefinisikan sebagai konten di mana Anda menerima sesuatu yang berharga. Itu tujuannya, kan? Misalnya, sebuah merek mungkin membayar Anda untuk membuat video TikTok yang berbicara tentang betapa hebatnya aroma lilin kedelai mereka, atau Anda mungkin menerima perjalanan terjun payung gratis sebagai imbalan untuk memposting tentang hal itu. (Meskipun kami tidak merekomendasikan mengambil tawaran terjun payung gratis).

Dan merek sangat tertarik untuk memasuki kolaborasi berbayar seperti itu. Sebuah studi tentang pemasaran influencer menemukan bahwa pada Desember 2019, 16% pemasar AS berencana menggunakan TikTok untuk kampanye influencer—tetapi pada Maret 2021, jumlah itu naik menjadi 68%. Dengan kata lain, pemasaran influencer meledak di platform.

Menurut studi yang sama dari eMarketer, perusahaan ingin bermitra dengan orang-orang yang memiliki pengikut yang mengenal dan mempercayai mereka, terutama dalam konteks pandemi COVID-19 dan gerakan keadilan sosial yang sedang berlangsung.

Yang membawa kita ke poin penting: jangan mencari untuk bermitra dengan perusahaan yang pandangannya tidak sejalan dengan pandangan Anda. Cara Anda terlibat dengan audiens adalah milik Anda secara unik. Pengikut Anda mungkin peduli dengan metafora sup inspirasional Anda atau berapa banyak bahasa yang Anda kuasai atau manikur, tetapi mereka juga peduli dengan etika Anda.

Berikut adalah beberapa kiat untuk memulai dengan konten bersponsor:

  • Hanya jangkau merek atau organisasi yang benar-benar Anda sukai

Jika TikTok Anda adalah tentang perjalanan vegan mentah Anda dan tiba-tiba Anda mulai memposting tentang burger lokal favorit Anda, pengikut Anda akan melihat melalui Anda. Ini tidak hanya membingungkan, tetapi juga membuat Anda terlihat seperti orang yang laris. Jadi, pastikan konten bersponsor Anda selaras dengan konten reguler Anda.

  • Buat kit pers untuk akun TikTok Anda

Kit pers seperti trailer film untuk Anda sendiri. Ini meningkatkan semua hal hebat tentang Anda (dan memberi merek alasan bagus untuk bekerja dengan Anda) dan mencakup informasi kontak, foto, dan pencapaian penting. Buat mereka ingin melihat apa yang terjadi selanjutnya, sekantong popcorn di tangan. Situs web seperti Templatelab menawarkan template kit pers secara gratis.

  • Buat beberapa posting yang tidak disponsori

Merek akan ingin melihat bahwa Anda memiliki apa yang diperlukan untuk mendorong penjualan ke bisnis mereka. Membuat beberapa posting (tidak disponsori) yang mengobrol tentang sepasang sepatu favorit Anda akan membuat merek kaus kaki khusus yang sulit dipahami itu lebih cenderung ingin bermitra dengan Anda.

  • Gunakan sakelar Konten Bermerek

Orang tidak suka ditipu—dan ternyata, aplikasi juga tidak menyukainya. TikTok membuat sakelar Konten Bermerek untuk memastikan bahwa pengguna bersikap transparan. Jika Anda membuat konten untuk sponsor, tekan tombol

2. Bermitra dengan influencer

Menurut studi oleh Tomoson ini, setiap dolar yang dihabiskan untuk pemasaran influencer menghasilkan rata-rata $6,50 untuk bisnis, dengan 13% teratas yang disurvei melaporkan pengembalian $20. Terlebih lagi, setengah dari pemasar mengatakan pelanggan yang diperoleh melalui pemasaran influencer memiliki kualitas yang lebih tinggi daripada pelanggan yang dibawa melalui saluran lain, seperti pemasaran email atau pencarian organik.

Kesimpulannya: influencer, yah, pengaruh. Secara efektif. (Bahkan mikro-influencer!)

Jika Anda berada di AS, Anda dapat menggunakan TikTok Creator Marketplace untuk menemukan influencer yang tepat untuk Anda. Situs marketplace menghubungkan merek dengan influencer. Merek apa pun dapat bergabung, tetapi hanya dapat diakses oleh influencer melalui undangan (untuk saat ini).

Di luar pasar AS dan TikTok yang disetujui, cari tagar yang sesuai dengan Anda dan bisnis Anda (#dentist, #faintinggoats, #thrifting) dan telusuri kontennya. Atau, cukup jelajahi aplikasinya sendiri, sukai video yang Anda sukai dan abaikan (atau tekan “Tidak tertarik”) pada video yang tidak Anda sukai. Aplikasi akan mulai menunjukkan apa yang ingin Anda lihat. Ini menakutkan pintar seperti itu.

Luangkan waktu Anda untuk mengamati setiap halaman pembuat konten—kita semua pernah mendengar kisah kuno tentang non-permintaan maaf non-rasisme dari influencer yang penuh air mata. Jauhi TikTokers yang bermasalah. Ini tahun 2022.

3. Gunakan Tiktok untuk mengiklankan produk Anda

Jika Anda sudah membuat barang dagangan, ini adalah rute yang paling jelas untuk menghasilkan uang: buat TikToks yang memamerkan produk Anda, termasuk semua detail yang membuatnya unik. Pastikan Anda menyertakan tautan ke toko Anda di bio Anda.

Ini adalah contoh yang bagus—merek fashion Klassy Network memamerkan cara memakai “brami”.

Anda juga dapat membuat merchandise pribadi Anda sendiri, seperti Italian Greyhound (dan ikon gay yang bangga) yang dilakukan Tika the Iggy. Pemilik anjing, Thomas Shapiro, menjual pakaian bermerek Tika secara online. Merek makeup seperti Fenty Beauty dan Cocokind juga mematikan permainan merchandise.

4. Dapatkan pembayaran Dana Kreator TikTok

Ini adalah metode menghasilkan uang yang disetujui aplikasi yang kita bicarakan sebelumnya. Pada 22 Juli 2020, TikTok mengumumkan Dana Kreator baru mereka, berjanji untuk memberikan $200 juta A.S. untuk “mendorong mereka yang bermimpi menggunakan suara dan kreativitas mereka untuk memicu karier yang menginspirasi.”

Internet—dan dunia—memakannya, dan hanya seminggu kemudian, mereka mengumumkan bahwa dana tersebut akan tumbuh menjadi $1 miliar AS pada tahun 2023. Jadi, bagaimana Anda mendapatkan uang tunai kreator yang manis itu? Aplikasi ini memiliki beberapa kotak yang harus Anda centang sebelum dapat mendaftar:

Berlokasi di AS, Inggris, Prancis, Jerman, Spanyol, atau Italia
Berusia minimal 18 tahun
Memiliki setidaknya 10.000 pengikut
Memiliki setidaknya 100.000 penayangan video dalam 30 hari terakhir
Memiliki akun yang mematuhi Pedoman Komunitas TikTok dan ketentuan layanan
Anda dapat mengajukan Dana Kreator melalui aplikasi—selama Anda memiliki TikTok Pro (hal terbaik dalam hidup tidak gratis).

5 tips untuk mendapatkan bayaran di TikTok

1. Jadilah otentik

Jika buku besar di media sosial memiliki moral, ini dia. Dan meskipun sulit untuk percaya bahwa keaslian itu penting di dunia kita yang sangat terfilter, pengguna internet mendambakan konten asli.

Dalam studi tahun 2019 ini, 90% dari 1.590 orang dewasa yang disurvei mengatakan bahwa keaslian itu penting secara online, tetapi 51% mengatakan bahwa mereka percaya bahwa kurang dari setengah merek menciptakan karya yang dianggap autentik.

Jadi, apakah Anda mengikuti tren menari atau memamerkan katak rajutan Anda, tetaplah setia pada Anda. Ini adalah cara paling pasti untuk mendapatkan pengikut yang akan Anda pertahankan — dan semoga, dapatkan uang nyata.

2. Bersikaplah transparan

Ini berjalan seiring dengan keaslian. Aturan seputar memposting konten bersponsor dan membocorkan saat Anda mendapatkan barang gratis cukup kabur, tetapi selalu lebih baik untuk berhati-hati.

Pengalih konten bermerek TikTok menambahkan pengungkapan untuk Anda (#Iklan), jadi pastikan Anda menggunakannya saat yang tepat.

3. Lihat kreator favorit Anda untuk mendapatkan panduan

Jika Anda tidak yakin harus mulai dari mana, mulailah menggulir. Kemungkinannya adalah, beberapa pembuat konten favorit Anda menghasilkan uang dari TikTok. Lihat apa yang mereka lakukan—penawaran merek, mempromosikan T-shirt, mengeja Venmo mereka dalam sup alfabet—dan mencoba menerapkan strategi yang sama itu ke dalam tindakan.

4. Jangan membuang konten reguler Anda

Jika setiap TikToks Anda adalah konten bersponsor atau mempromosikan sesuatu, pengikut Anda akan kehilangan minat. Anda harus memainkannya dengan keren.

Penata rias Bretman Rock memposting kemitraan dengan Yves Saint Laurent, tetapi juga video lucu, makanan Filipina favoritnya, dan tentu saja, konten rias dan mode yang membuatnya mendapatkan semua pengikutnya.

Bahkan merek besar seperti Ben & Jerry’s memposting TikToks yang menghadirkan kostum Halloween anjing kantor mereka. Jangan selalu membuatnya tentang uang.

5. Jangan menyerah

Menghasilkan uang di jejaring sosial ini tidak mudah. Jika ya, kita semua akan menjadi Addison Rae. (Menyenangkan untuk bercanda tentang itu—dia sendiri mengakui betapa banyak orang yang tidak berpikir dia memiliki pekerjaan nyata. Dan dia melakukannya dengan keyakinan diri seorang anak berusia 21 tahun yang menghasilkan 5 juta dolar setahun.)

Jika Anda ditutup oleh satu merek atau influencer, teruslah mencoba. Kerja keras terbayar—secara harfiah.

Berapa penghasilan TikTokers pada tahun 2022?

Seperti yang terlihat di atas, ada banyak cara untuk menghasilkan uang di TikTok dan bagaimana Anda memutuskan untuk memonetisasi konten Anda akan menentukan penghasilan Anda.

Kemitraan merek di TikTok dapat menghasilkan lebih dari $80.000. Itu benar — jika Anda adalah pembuat konten yang cukup besar (dengan pemirsa yang besar dan terlibat serta rekam jejak kesuksesan di platform), Anda dapat membeli mobil mahal dengan penghasilan dari satu video.

Adapun Dana Pembuat TikTok, Anda bisa mendapatkan antara 2 dan 4 sen untuk setiap 1.000 tampilan. Ini berarti Anda mungkin mengharapkan $ 20 hingga $ 40 setelah mencapai satu juta tampilan.

Siapa yang menghasilkan uang paling banyak di TikTok?

Charli D’Amelio: perkiraan penghasilan tahunan $17,5 juta.
@charlidamelio telah membangun pengikut (dan penghasilan) yang luar biasa dengan klip dansa viralnya dan kesepakatan lisensi dengan merek termasuk Hollister, Procter & Gamble dan bahkan Dunkin Donuts.

Addison Rae: perkiraan penghasilan tahunan $8,5 juta.
@addisonre adalah contoh lain dari menari menuju puncak. Kesepakatan sponsornya termasuk Reebok, Daniel Wellington, dan American Eagle, belum lagi barang dagangan bermerek pribadinya yang luas dan lini rias.

Khabane Lame: perkiraan penghasilan tahunan $5 juta.
@khaby.lame menjadi akun TikTok yang paling banyak diikuti pada Juni 2022. Komedian dan spesialis Life Hack ini telah mendapatkan sponsor dengan Xbox, Hugo Boss, Netflix, Amazon Prime, dan Juventus F.C.

 

Jadi, dari segi langit biru, profil TikTok yang sukses dapat membuat Anda siap seumur hidup — tetapi bahkan jika Anda tidak memiliki jutaan pengikut dan miliaran suka, Anda masih dapat menggunakannya untuk menghasilkan uang.

Kembangkan kehadiran TikTok Anda bersama saluran sosial Anda yang lain menggunakan Hootsuite. Dari satu dasbor, Anda dapat menjadwalkan dan memublikasikan postingan untuk waktu terbaik, melibatkan audiens, dan mengukur kinerja. Cobalah gratis hari ini.

 

 

Leave a Comment