Cara Cek Bantuan STB Pemerintah Dari Kominfo Go Id 2022 Gratis

Teliti Dukungan STB – Penyebaran teknologi saat ini sudah meluas ke berbagai daerah, termasuk Indonesia. Bahkan pemerintah Indonesia mengantisipasi bahwa berbagai daerah akan menggunakan teknologi.

Pengadaan STB merupakan salah satu strategi untuk mendorong penggunaan teknologi (Set Top Box). STB adalah perangkat keras atau gadget yang dapat menerima atau merekam sinyal TV.

Masyarakat Indonesia akan dapat mengakses acara TV atau siaran yang lebih baik berkat program penggunaan STB gratis ini dibandingkan dengan TV analog konvensional.

Oleh karena itu, jika Anda tertarik untuk mendapatkan dukungan STB gratis dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebaiknya baca artikel berikut atau kunjungi Omnidigital.id untuk informasi lebih lengkap.

Program Kominfo Bagikan STB Gratis

Kementerian Komunikasi dan Informatika kini menawarkan dukungan STB gratis. Ini adalah fase terakhir dari konversi acara TV analog ke TV digital per November, seperti yang diketahui secara umum.

Dengan demikian, siaran TV analog tidak lagi dapat diakses oleh masyarakat Indonesia yang tinggal di lokasi yang berbeda. Hanya STB yang dapat digunakan masyarakat untuk menonton siaran TV.

Untuk memudahkan peralihan dari TV analog ke digital bagi mereka yang kurang mampu, Kominfo kini bekerja sama dengan lembaga penyiaran untuk menyediakan perangkat STB tanpa biaya.

Tetapi Anda juga perlu mengetahui apa yang diperlukan untuk memenuhi syarat STB gratis ini dan cara mengajukan atau memeriksa bantuan STB ini.

Hanya individu dengan nama yang tercantum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial dan termasuk dalam kategori Rumah Tangga Miskin yang berhak mendapatkan STB (DTKS) gratis.

Kominfo telah membuat website untuk verifikasi penerima bantuan STB agar lebih mudah mencari informasi tentang bantuan ini. sehingga siapapun yang memiliki smartphone dapat dengan mudah memverifikasi nama orang yang telah menerima bantuan STB dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Cukup masukan NIK yang tertera di KTP Anda di website Cekbantuanstb.kominfo.go.id, dan Anda bisa langsung mengetahuinya.

STB gratis dibagikan di Jabodetabek

Menurut data yang kami peroleh dari situs resminya, Kominfo memberikan bantuan kepada rumah tangga kurang mampu lebih dari 1 juta unit STB pada akhir November (RTM).

Bertujuan menyalurkan lebih dari 400.000 unit dari total tersebut ke wilayah Jabodetabek, Kementerian Komunikasi dan Informatika menyalurkan 473.308 unit STB dan sekitar 60.791 RTM yang tidak sesuai kriteria penerima STB.

Calon penerima STB harus tercantum dalam desil 1 data P3KE untuk Percepatan Penargetan Pengentasan Kemiskinan Ekstrim. Sementara itu, baru RTM yang terdaftar di lembar data desil pertama Provinsi DKI Jakarta.

Cara mengajukan dukungan STB gratis Kominfo

Anda dapat langsung mengajukan keluhan jika Anda adalah salah satu penerima RTM dukungan STB gratis dan terus mengalami masalah hingga 2 November 2022.

RTM dapat melakukan pengaduan secara mandiri dengan menghubungi call center 159 atau nomor Posko Penanganan Bantuan STB terdekat jika membutuhkan bantuan layanan STB gratis.

Berikut adalah informasi tentang cara mengajukan atau mendaftar secara mandiri untuk program bantuan STB.

  • Langkah pertama adalah meluncurkan perangkat lunak browser web di ponsel cerdas Anda. Google Chrome adalah pilihan yang bagus.
  • Buka situs dukungan stb dengan cara masuk ke https://cekbantuanstb.kominfo.go.id/ pada kolom URL di halaman utama.
  • Setelah masuk, lengkapi formulir dengan NIK dan kode captcha, lalu klik Cari.
  • Bawa KTP dan KK asli Anda ke Posko Cepat Tanggap Penanganan Bantuan STB jika Anda belum terdaftar sebagai penerima bantuan STB gratis. Atau, hubungi 159 lagi.

Cara Verifikasi Daftar Nama Penerima STB Aid

Anda harus mengetahui cara memverifikasi bahwa Anda telah berhasil mendaftar setelah menyelesaikan proses pendaftaran.

  • Masuk ke website Cekbantuanstb.kominfo.go.id menggunakan browser perangkat mobile.
  • Masukkan Nomor Induk Kependudukan Anda setelah itu (KTP).
  • Jangan lupa juga untuk mengisi kolom yang disediakan dengan kode captcha.
  • Pilih tombol Cari setelah itu.

Terlepas dari apakah Anda sudah terdaftar sebagai penerima bantuan STB atau belum, jika memang demikian, Anda akan melihat tampilan informasi yang sesuai dengan nomor NIK KTP yang Anda masukkan.

Selain itu, jika Anda masih belum menerima bantuan, mungkin Anda salah memasukkan nomor NIK atau Anda bukan penerima bantuan Set Top Box. Mari kita periksa siapa yang memenuhi syarat untuk menerima program STB dalam hal ini.

Siapa yang Memenuhi Syarat untuk STB Gratis?

Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Badan Penyelenggara Multiplexing akan mendistribusikan STB atau set-top box sebagai bagian dari transisi dari TV analog ke digital.

Seseorang yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial adalah anggota masyarakat penerima manfaat sasaran. Tidak perlu melakukan registrasi ulang bagi yang sudah berpartisipasi dalam pendataan.

Calon yang lolos bantuan STB dan tercantum dalam desil 1 data P3KE adalah RTM atau Rumah Tangga Miskin.

Paling lambat sampai dengan tanggal 2 November 2022, calon penerima manfaat yang mengalami kendala penerimaan dan belum terdaftar sebagai peserta program STB dapat langsung dan mandiri mengajukan permohonan pendaftaran dengan menghubungi call center atau nomor Pos Penanganan Pendampingan STB terdekat.

Periksa Layanan & Informasi Dukungan STB Gratis

Menurut data dari situs resmi Kominfo, pendistribusian STB gratis telah berlangsung lebih dari satu juta unit hingga saat ini.

Kominfo juga melaporkan telah mengirimkan lebih dari 473.308 unit Set Top Box yang tepat untuk wilayah Jabodetabek. Jumlah ini setara dengan 98,7% dari target keseluruhan wilayah Jabodetabek sebanyak 479.307 unit STB.

Hanya 60.791 dari total calon penerima bantuan STB gratis yang nantinya ditetapkan tidak berhak menerima dana STB karena tidak memenuhi persyaratan.

Jika masyarakat memiliki pertanyaan seputar program bantuan STB, dapat juga langsung menghubungi Kominfo di 159 atau melalui WhatsApp di 08118202208.

Pembagian STB gratis dijadwalkan akan dimulai pada 2 November 2022.

Pemerintah akhirnya memutuskan pada 2 November 2022, masyarakat umum harus beralih dari TV analog ke TV digital setelah melalui sejumlah penyesuaian jadwal.

222 kabupaten dan kota di Indonesia menjalani proses penggantian ini secara bertahap. 173 lokasi layanan non-terestrial dan 9 berada di Jabodetabek dan tidak menerima transmisi TV analog.

Ada 514 kabupaten dan kota di Indonesia yang memenuhi kriteria peralihan transmisi TV analog ke TV digital, menurut Menkominfo.

Menurut analisa kami terhadap situs resmi Kominfo, checkhelpstb.kominfo.go.id, berikut adalah informasi cara mendaftar dan mengecek dukungan STB.

Leave a Comment