Cara Mudah Cara Cek Nomor IMEI iPhone Resmi ibox Online, Ori / Tidak

Bagaimana Saya Memeriksa IMEI iPhone Saya? Kita sudah tahu bahwa saat ini ada banyak sekali jenis handphone yang tersedia, dan setiap bulannya diperkenalkan jenis smartphone baru dengan teknologi yang lebih canggih. Dengan produk iPhone-nya, pasar Apple juga melakukan hal tersebut.

IPhone 14, smartphone dengan versi yang lebih canggih, kini sedang dirilis. Namun, karena perusahaan ini terus memperkenalkan ponsel baru, semakin banyak pabrikan yang memproduksi model tiruan.

Bahkan jika iPhone palsu ini adalah replika sempurna dari yang asli, hanya ada satu metode untuk mengetahui iPhone mana yang asli dan iPhone mana yang salinan atau palsu.

Nomor imei pada ponsel cerdas Anda adalah cara terbaik untuk menentukan perbedaannya. Anda bisa membaca pembahasan berikut jika belum mengetahui cara cek IMEI iPhone.

Seberapa Signifikan IMEI Ponsel?

Nomor IMEI dapat digunakan untuk mengidentifikasi perangkat yang tidak terhubung secara permanen atau semi permanen dengan klien jika dilihat dari fungsinya.

Dengan kata lain, jaringan operator GSM akan memanfaatkan nomor IMEI ini untuk mengidentifikasi smartphone, terlepas dari apakah perangkat tersebut asli atau tidak. Akibatnya, nomor imei ini sangat penting karena dapat digunakan untuk memblokir akses jaringan di suatu negara.

Nomor IMEI, khususnya, dapat mengaktifkan jaringan atau sistem untuk menghentikan telepon yang hilang atau dicuri dari melakukan panggilan. IMEI ini juga digunakan untuk mengontrol bagaimana perangkat seluler dan smartphone digunakan.

Orang yang sering membeli ponsel lama pasti sering mengecek nomor IMEI untuk mengetahui apakah ponsel tersebut sudah terdaftar di Kementerian Perindustrian (Kemenperin RI).

Jaringan, negara dan jaringan asal perangkat, garansi, dan detail operator semuanya dapat ditampilkan kepada pengguna menggunakan nomor IMEI.

Oleh karena itu, baik lembaga penegak hukum maupun intelijen dapat melacak perangkat dari mana saja, meski jauh, dengan menggunakan nomor IMEI.

Penyedia layanan dapat memasukkan perangkat ke dalam daftar hitam dan mencegah penggunaan jika terjadi sesuatu dengan menggunakan nomor IMEI.

Fungsi Apa yang Dilayani Nomor IMEI iPhone?

Kementerian Perindustrian RI pasti sudah mendaftarkan nomor IMEI yang digunakan mayoritas handset mobile. Nomor IMEI karenanya dapat diperiksa oleh Anda juga.

Melihat langsung ke casing yang tercetak di bagian belakang baterai adalah teknik paling umum untuk memverifikasi nomor IMEI. Namun, para desainer membuat solusi sederhana dengan memasukkan *#06# pada keyboard seandainya tidak semua orang bisa melakukannya.

apa yang terjadi jika iPhone Anda dicuri? Pemilik perangkat seluler dapat melaporkan ponsel yang hilang atau dicuri ke CEIR (Central Device Identity Registry) dengan menghubungi mereka. IMEI perangkat kemudian akan masuk daftar hitam.

Setelah pengguna mencapai level ini, meskipun pencuri mengganti kartu SIM perangkat, ponsel dengan IMEI yang dilaporkan tidak dapat digunakan lagi.

Meski tidak sederhana, terkadang beberapa orang yang berpengetahuan dan ulet dapat mengubah nomor IMEI agar perangkat yang dicuri tetap berfungsi sebagai ponsel.

Untuk itu, sebaiknya simpan nomor IMEI Anda di tempat yang aman sebelum membeli smartphone, terutama iPhone.

Memahami Nomor IMEI iPhone

Setelah mengetahui betapa pentingnya nomor IMEI untuk ponsel cerdas, Anda pasti ingin memverifikasi IMEI iPhone Anda. Jangan sampai membeli smartphone palsu mengakibatkan konsekuensi negatif di kemudian hari.

Nomor IMEI iPhone dapat diperiksa dengan berbagai cara, beberapa di antaranya dijelaskan di sini.

Dari Menu Pengaturan, lihat IMEI iPhone

Menggunakan menu pengaturan di ponsel adalah cara termudah untuk memeriksa IMEI di iPhone. Tentu saja, melakukan ini sangat sederhana dan dimungkinkan untuk semua model perangkat iPhone. Lihat instruksi berikut untuk detailnya.

  • Buka menu Pengaturan terlebih dahulu.
  • Pilih menu Umum setelah itu.
  • Pilih opsi Tentang untuk melanjutkan.
  • Cari dan pilih comom IMEI dari pilihan ini.
  • Anda akan melihat angka 15–17 digit jika akurat.

Verifikasi IMEI Menggunakan Slot SIM

Jika pendekatan di atas tidak berhasil, ada alternatif yang tidak perlu membuka perangkat. Nomor seri yang sesuai dengan nomor IMEI iPhone yang digunakan akan ada di slot SIM, tempat Anda dapat memeriksa IMEI iPhone Anda.

Untuk menggunakan pendekatan ini, Anda harus terlebih dahulu membuka slot SIM dengan perangkat bernama SIM Card Injector. Nomor atau nomor IMEI tercantum kemudian di sisi kiri kasing.

Perhatikan bahwa tidak semua model iPhone dapat diperiksa menggunakan metode ini melalui slot kartu SIM.

Verifikasi IMEI Kotak iPhone

Anda yang baru saja membeli iPhone—baru atau bekas—juga bisa melihat nomor IMEI langsung di kotak kemasannya. Nomor IMEI di kotak biasanya akan langsung terlihat oleh pelanggan, dan mereka akan membandingkannya dengan nomor di ponsel.

Anda dapat yakin bahwa iPhone tersebut asli dan telah terdaftar di Apple jika IMEI yang disebutkan cocok. Namun, Anda bisa melakukan konfirmasi IMEI iPhone di kemenperin.go.id.

Anda dapat merujuk ke panduan berikut jika Anda tidak yakin cara memeriksa nomor IMEI iPhone menggunakan Kementerian Perindustrian.

Menggunakan website Kemenperin.go.id

  • Kunjungi imei.kemenperin.go.id untuk mengakses website kementerian perindustrian setelah web browser dibuka.
  • Setelah itu, masukkan nomor IMEI yang terdapat di ponsel.
  • lalu klik search atau tombol cari.
  • maka akan muncul halaman baru yang berisi informasi apakah perangkat yang Anda gunakan sudah terdaftar atau belum di Kementerian Perindustrian.

Menggunakan iTunes dan Aplikasi Finder

Menggunakan program Finder dan iTunes adalah teknik lain untuk memverifikasi IMEI iPhone. Prosesnya cukup sederhana; yang Anda butuhkan hanyalah laptop dengan program Finder dan iTunes yang diinstal.

  • Hubungkan iPhone Anda ke komputer yang menjalankan iTunes dan Finder.
  • Buka app Finder di Mac yang menjalankan macOS atau versi yang lebih baru.
  • Anda dapat menggunakan program iTunes jika Mac Anda menjalankan macOS Mojave atau versi sebelumnya.
  • Jika Anda menggunakan aplikasi Finder dan dapat melihat nomor IMEI di Tab Umum, pilih Temukan perangkat Anda.
  • Bagi Anda yang menggunakan aplikasi iTunes, Anda dapat memilih Ringkasan untuk mempelajari lebih lanjut tentang nomor IMEI iPhone.

Di situs web ID Apple, periksa IMEI.

Kunjungi situs web resmi Apple sebagai pilihan terakhir Anda untuk memeriksa IMEI iPhone. Hanya sebagian kecil orang yang menggunakan strategi ini, tetapi Anda juga dapat menggunakannya jika mengikuti prosedur di bawah ini.

Luncurkan browser web, lalu ketik https://appleid.apple.com/ atau buka di sini di bilah alamat.

  • Gunakan ID terdaftar ponsel iPhone Anda untuk masuk ke akun Anda di halaman beranda.
  • Kemudian klik Perangkat untuk melihat detail tentang nomor IMEI iPhone.
  • Semoga informasi yang kami berikan mengenai berbagai cara cek IMEI iPhone terbaru ini dapat bermanfaat. Anda dapat membaca artikel berikut untuk lebih jelasnya.

Leave a Comment