How To Cek Pajak Kendaraan Apk Online Praktis & Gratis 2022

Mungkin saat ini adalah waktu yang mudah bagi anda yang ingin mengecek pajak kendaraan anda. Pasalnya, Anda bisa langsung mengeceknya secara online; Anda tidak perlu lagi mengunjungi Samsat untuk melakukannya. Anda tidak mengetahui teknik-teknik ini?

Benar bahwa sekarang Anda dapat menyelesaikan banyak tugas dengan cepat dan mudah. Kami dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menggunakannya karena teknologi berkembang dengan kecepatan yang semakin cepat. Ya, Anda mengetahui bahwa saat ini kami memiliki akses ke berbagai aplikasi.

Kita bisa melakukan apapun dengan cepat dan mudah berkat banyaknya aplikasi. Kita bisa melakukan banyak hal dari rumah sekarang, jadi kita tidak perlu bepergian kemana-mana. persis seperti yang kita lakukan dengan pemeriksaan pajak ini. Nantinya, kita dibatasi untuk menggunakan smartphone kita sambil duduk diam di rumah.

Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda capai, sehingga Anda akan tahu caranya. Beberapa dari proses ini juga tidak boleh dilewati. Oke, mulailah dengan langkah-langkah ini segera.

Apakah Saya Bisa Cek Pajak Kendaraan Secara Online?

Mungkin masih banyak orang yang ragu dan penasaran dengan prosedur pemeriksaan pajak online ini. Karena tidak seperti biasanya, maka dari itu sebaiknya baca dulu pembahasan ini jika masih ragu.

Seperti disebutkan di atas, akan lebih mudah bagi Anda untuk memverifikasi pajak Anda selama periode ini, misalnya. Sebelumnya, Anda harus mengunjungi Samsat untuk melakukan pemeriksaan ini. Anda tidak lagi diharuskan melakukan itu.

Anda tahu, karena pemerintah telah memberi Anda banyak kemudahan untuk memeriksa pajak ini. Tentunya dengan menggunakan metode internet akan memudahkan wajib pajak atau masyarakat umum untuk mengetahui lebih jauh tentang pembayaran tersebut.

Ini dapat diakses dari mana saja kapan saja. Anda tidak perlu menunggu waktu luang untuk mengunjungi kantor Samsat di dekat rumah Anda. Anda juga harus menyadari bahwa sekarang ada berbagai cara untuk memeriksa pajak Anda.

Setelah itu Anda akan memiliki empat opsi untuk memeriksa pajak Anda, oke? Kamu bisa mengeceknya secara khusus menggunakan aplikasi, website resmi, dial-up, dan SMS lho. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan pemeriksaan ini, sangat praktis untuk melakukannya.

Anda pasti ingin sekali belajar tentang hal ini, bukan? Baiklah, mari berbagi beberapa pendekatan untuk melakukan ini berdasarkan diskusi di atas. Ya, itu sangat menyeluruh. Bisa tolong lihat langsung.

Panduan Cara Menggunakan Aplikasi Pemeriksaan Pajak Kendaraan Gratis

Haruskah kita mulai dengan langkah pertama? Karena itu Anda akan dapat memeriksanya kali ini menggunakan aplikasi. Kemampuan kami untuk menggunakan berbagai macam aplikasi telah meningkat pesat. Sederhananya, menggunakannya terkadang masih sedikit membingungkan.

Ya, namanya juga mengacu pada penggunaan program baru. Di mana ini jika aplikasi baru seperti ini selanjutnya dapat memberi Anda banyak hal baru yang juga Anda kenal? Tindakan yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan program ini disediakan di bawah ini.

Butuh beberapa saat untuk memeriksa pajak dengan aplikasi ini. Namun, Anda akan segera menyadari alasannya jika Anda menggunakan aplikasi ini lagi di masa mendatang. Ini mudah dilakukan dan memberi Anda tampilan yang cukup sederhana.

Bagaimanapun, Indonesia juga akan menggunakan aplikasi khusus ini. Oleh karena itu, Indonesia secara keseluruhan dapat menggunakan satu aplikasi saja. Ya, itu akan membuatnya sangat mudah untuk mengakses apa yang telah dilakukan. Apakah Anda ingin mengujinya sekarang?

Oke kalau begitu langsung saja kalian simak pembahasannya dibawah ini agar mudah dalam menggunakan program ini. Ada prosedur yang harus diikuti dan pemeriksaan pajak juga, seperti yang Anda ketahui.

Bagaimana Cara Mendaftar untuk Aplikasi Pemeriksaan Pajak Kendaraan?

Anda harus membuat akun untuk mengakses aplikasi baru seperti ini, bukan? Karena pada akhirnya Anda akan membutuhkan akun yang menyertakan data Anda jika menggunakan program resmi seperti ini.

Tentunya informasi yang akan diminta dalam aplikasi tersebut sangat penting, dan Anda harus melengkapinya dengan benar. Oke? Mengapa kita tidak memulai saja proses pendaftaran untuk aplikasi yang satu ini? Ya, segera patuhi instruksinya.

Pertama, unduh aplikasi SIGNAL.

Oke, jadi kamu harus download dulu aplikasi yang akan digunakan. Program ini dikenal dengan SIGNAL-NASIONAL DIGITAL SAMSAT. Nah, aplikasi khusus ini sudah tersedia di App Store dan Google Play Store. Anda tidak perlu kesulitan menemukan URL untuk mengunduhnya.

Memasukkan Informasi yang Dibutuhkan

Jika Anda sudah mengunduh aplikasinya, Anda dapat langsung mendaftar dengan memberikan informasi pribadi. Tentunya, Anda harus mengumpulkan informasi sebelum mendaftar, seperti Nomor Induk Kependudukan (NIN) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Berikut langkah-langkahnya.

Informasi yang diminta seperti “Nama yang sesuai dengan e-KTP, NIK, nomor ponsel, dan alamat email” harus dimasukkan. Baiklah, jadi Anda bisa mengetik informasi ini dengan akurat.

Jika iya, Anda bisa mengetikkan “password” yang Anda buat sendiri.
“Kata sandi” yang dibuat sebelumnya akan diminta dari Anda sekali lagi.

Anda kemudian akan diminta untuk melengkapi “gambar e-KTP” Anda. Tentu saja, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan saat mengambil gambar. Anda tahu, itu harus sah.

Anda akan diminta untuk melakukan “selfie dengan e-KTP” setelah mengambil foto e-KTP untuk menyelesaikan proses verifikasi biometrik. Lakukan saja selfie sesuai petunjuk sampai valid, oke?

Catat kode OTP yang diterima.

Masih ada langkah-langkah lain dalam aplikasi jika Anda sudah mengambil foto selfie dan memberikan informasi lainnya. Kode OTP akan dikirimkan, oleh karena itu Anda harus menunggu. Jika kode OTP yang diberikan mirip dengan itu, selanjutnya Anda bisa langsung memasukkannya dan proses verifikasi selesai.

Anda sekarang dapat memverifikasi ulang menggunakan tautan yang akan dikirimkan kepada Anda di email Anda setelah Anda memverifikasi di aplikasi SIGNAL. Aplikasi SIGNAL tersedia untuk digunakan setelah Anda melakukan verifikasi ulang.

Cara Menggunakan Aplikasi SIGNAL Untuk Cek Pajak Kendaraan

Jika sebelumnya sudah pernah membuat akun aplikasi SIGNAL, nanti bisa langsung verifikasi ya. Anda tahu, ada cara lain untuk memeriksa ini. Alhasil, Anda bisa melakukannya di sini dengan menyimak petunjuk yang telah diberikan oleh Omnidigital.id.

Setelah itu, akan ada dua langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengakses aplikasi SIGNAL dan memverifikasi pajak kendaraan Anda. Kita bisa membahas tindakan yang bisa diambil untuk itu, jadi ikuti saja, oke? Ayo turun langsung.

1. Sertakan daftar mobil yang Anda miliki.

Kami harus mendaftarkan mobil kami di program SIGNAL ini selain membuat akun. Ya, tanpa mendaftarkan kendaraan terlebih dahulu, bagaimana cara mengetahui pajak kendaraan? Karena itu Anda dapat memulai dengan mendaftarkan kendaraan di aplikasi untuk itu.

Lagi pula, Anda dapat mendaftarkan kendaraan dalam satu aplikasi hanya dengan satu akun ini, lho, jika Anda memiliki beberapa kendaraan atau mendaftarkannya untuk orang lain. Ya, ada metode yang bisa digunakan untuk kendaraan yang tercantum di bawah ini.

  • Untuk menyumbang data tentang kendaraan bermotor, cukup klik “tambahkan ikon (+)” di program SIGNAL.
  • Pilih “Kendaraan atas Nama Sendiri” segera.
  • “Nomor Pendaftaran Kendaraan Bermotor” kemudian dapat dimasukkan.
  • Nomor sasis kendaraan kemudian perlu dimasukkan; Anda hanya perlu memasukkan “5 digit terakhir”.
  • Selesai.

Anda juga dapat mengikuti petunjuk di bawah ini untuk memasukkan nomor kendaraan orang lain.

  • Anda dapat memilih “ikon plus (+)” sekali lagi di program. Form penambahan data dokumen mobil nantinya akan muncul di aplikasi.
  • “Nama pemilik mobil” saat ini kemudian dapat dimasukkan. Dengan demikian Anda dapat memilih salah satu anggota keluarga dalam keluarga jika
  • Anda adalah pemilik keluarga dalam keluarga itu, oke?
  • Selanjutnya, isi kolom dengan “Nomor Kendaraan Bermotor atau NRKB” Anda.
  • Hanya masukkan “5 digit terakhir” nomor sasis kendaraan.
  • Anda menambahkan “NIK dan foto e-KTP” juga.
  • Pilih “Lanjutkan.”
  • Selesai.

2. Gunakan aplikasi secara langsung untuk melakukan cek dan pembayaran

Sekarang STNK kendaraan bermotor Anda sudah lengkap, Anda bisa cek dan melakukan pembayaran langsung dari aplikasi SIGNAL. Silakan lanjutkan ke langkah berikutnya.

  • Anda dapat memilih “Kendaraan yang telah terdaftar” di aplikasi.
  • Segera, informasi tentang “PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) dan SWDKLLJ (Sumbangan Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan Wajib)” akan ditampilkan kepada Anda.
  • Cukup pilih “Pengiriman atau tidak”.
  • Anda kemudian akan menerima Kode Pembayaran.
  • Anda akan dapat “membayar” mitra yang telah bekerja sama jika Anda mendapatkannya, tentu saja.
  • Anda bisa mendapatkan “bukti pembayaran” yang ada setelah melakukan pembayaran.
  • Jika memilih opsi pengiriman, nantinya Anda bisa mendapatkan bukti “TBPKP”.
  • Selesai.

Cara Menggunakan Website Resmi Cek Pajak Kendaraan

Karena itu Anda dapat memeriksanya di situs web resmi jika Anda memilih untuk tidak melakukannya melalui aplikasi. Ya, nanti bisa dicek di masing-masing website pemda di mana Anda tinggal.

Jadi, kami akan mencantumkan beberapa situs web untuk Anda gunakan di bawah ini untuk memverifikasi pajak kendaraan Anda. mulai dari Lampung, Jakarta, dan lokasi lainnya. Harap fokus hanya pada arah.

Cari pajak kendaraan Lampung.

Saya akan menjelaskan prosesnya jika Anda ingin mencari pajak di Lampung. Nanti sesuai dengan daerah masing-masing kalau cek pajak di website ya? Inilah sebabnya mengapa cara mengeceknya di wilayah Lampung tercantum di bawah ini.

  • Cukup buka terlebih dahulu browser yang akan digunakan di perangkat Anda.
  • Setelah itu, Anda bisa langsung menuju laman Samsat PKB Provinsi Lampung.
  • Dengan memasukkan informasi seperti Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Polisi Kendaraan pada kolom yang tersedia nanti di website
  • ini, Anda akan dapat memperoleh pemeriksaan pajak.
  • Itu dia; langkah selanjutnya adalah klik Proses.
  • Pembayaran pajak wajib Anda akan segera ditampilkan kepada Anda.
  • Selesai.

Verifikasi Pajak Kendaraan Jakarta

Kamu bisa cek pajak kendaraan di Jakarta setelah kamu tahu caranya di Lampung ya? Anda dapat melakukannya dengan banyak cara yang cukup sederhana. Tentu saja, karena hanya melalui website, tidak menghabiskan RAM penyimpanan Anda. Langkah-langkahnya tercantum di bawah ini.

  • Cukup gunakan browser perangkat seperti biasa untuk memulai.
  • Anda kemudian akan langsung masuk ke situs Samsat DKI Jakarta dan memasukkan informasi yang diperlukan.
  • Anda memasukkan Nomor Polisi Kendaraan dan NIK (Nomor Induk Penduduk) Anda.
  • Dengan asumsi semuanya akurat, Anda mengklik Proses.
  • Harga pembayaran pajak yang dapat Anda bayar nanti segera terlihat.
  • Selesai.

Verifikasi Pajak di Area Lain

Anda juga bisa langsung masuk ke website berdasarkan lokasi jika ingin check in di tempat selain Lampung dan DKI Jakarta. Hasilnya, kami telah menyiapkan banyak lokasi untuk Anda di bawah tempat Anda dapat mengakses situs web.

Jawa Barat : Samsat Jawa Barat Kepulauan Riau : Samsat Kep Aceh : Samsat Aceh

Cara Menggunakan SMS untuk Cek Pajak Kendaraan

Anda bisa menggunakan layanan SMS selain dial-up, lho. Menanyakan bagaimana caranya? Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahuinya.

  • Untuk menambahkan pesan, klik tanda tambahan (+) di menu perpesanan.
  • Anda dapat mencatat nomor plat kendaraan METRO [spasi] jika demikian.
  • Pengiriman dapat dilakukan ke 1717.
  • Selesai.

Periksa Pajak Kendaraan Menggunakan Dial-Up Sederhana

Ternyata dial-up adalah cara lain untuk mengecek pajak kendaraan Anda. Anda hanya bisa memanfaatkan dial up tentunya tanpa menggunakan aplikasi atau website. Anda sudah tahu betapa mudahnya bagi Anda untuk menggunakan strategi ini.

Alasannya, Anda bisa langsung mengeceknya tanpa harus membuka atau browsing website tersebut. Ingin langsung melihat langkah-langkahnya? Jika demikian, tindakan yang dapat Anda lakukan tercantum di bawah ini. Mari kita gunakan DKI Jakarta sebagai contoh di sini, oke?

  • Anda bisa langsung mengetik “*368#” pada menu telepon di ponsel Anda.
  • Dalam hal ini, Anda memiliki pilihan untuk memilih “1. Polda Metro Jaya > 2. Informasi Ranmor Tax.”
  • Setelah selesai, catat “nomor mobil” Anda.
  • Tekan “OK/Kirim.”
  • Selesai.

 

Leave a Comment