7 Easy Doa Agar Hati Tenang Pikiran Tenang Menghadapi Ujian

Jika hari ini membuat Anda merasa suasana hati Anda sedang tidak baik, mungkin ada sesuatu yang mungkin jauh lebih baik, jadi pastikan untuk berdoa agar suasana hati Anda lebih baik.

Hidup tak ubahnya seperti sebuah roda yang terus berputar seiring dengan kepikunan, susah, ulet, dan gelisah.

Satu-satunya metode untuk mengobati kondisi jantung yang mengamuk adalah berdoa kepada Allah untuk kenyamanan hati.

Karena situasi ini begitu gamblang, besar kemungkinan Allah akan semakin dekat jika Anda menjadi wanita yang tidak pernah kehilangan kesabaran saat berbuat baik.

Doa Agar Hati Tenang Menghadapi Semua Koleksi Ujian

Pendidikan Islam sering menekankan pentingnya beramal sehingga ketika ada masalah pun sikap siswa tetap positif dan tidak tergoyahkan.

Doa dengan cara ini merupakan salah satu bentuk doa kepada Allah SWT untuk kebahagiaan hati yang sedang di panjta oleh seorang muslim.

Karena Allah sendirilah sumber segala suka dan duka dalam hidup. Jadi, jika ada masalah yang menyebabkan hati menjadi gelisah, maka seseorang harus mendekati Allah SWT.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membiarkan amarah Anda hilang, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Doa Ketenangan Hati

Jika sedang mengalami masalah yang menimbulkan hati tidak tenang maka sebaiknya datang dulu kepada Allah dan sampaikan doa berikut :

رَبَّنَا أَفْرِغْ عَلَيْنَا صَبْرًا وَثَبِّتْ أَقْدَامَنَا وَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ

Latin : Rabbanaa afrigh ‘alainaa shabran wa tsabbit aqdaamanaa wanshurnaa ‘alal qoumil kaafiriin.

Artinya : “Ya Tuhan kami, limpahkanlah atas diri kami, serta teguhkanlah pendirian kami serta tolonglah kami terhadap orang kafir.” (QS Al-Baqarah: 250).

Setelah berdoa dengan penuh keyakinan dan penghambaan yang sangat kepada Allah barulah bertebaran mencari solusi dengan meminta ridhonya Allah SWT.

Doa Ketenangan Hati Agar Lapang

Meskipun seringkali merasakan kebahagiaan yang timbul didalam hati maka tentunya pernah merasakan hati yang sempit sehingga tidak merasakan ketenangan.

Hal ini adalah manusiawi karena sudah menjadi sunnatullah yang terkadang membuat hati cepat berbalik dari senang menjadi sempit.

Doa agar hati tenang yang dianjurkan untuk dibaca pada saat yang seperti ini adalah :

اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ نَفْسًا بِكَ مُطْمَئِنَّةً، تُؤْمِنُ بِلِقَائِكَ، وَتَرْضَى بِقَضَائِكَ، وَتَقْنَعُ بِعَطَائِك

Latin : Allahumma inni as-aluka nafsan bika muthma-innah, tu’minu biliqo-ika wa tardho bi qodho-ika wataqna’u bi ’atho-ika.

Artinya: “Ya Allah, aku memohon kepadaMu jiwa yang merasa tenang kepadaMu, yang yakin akan bertemu denganMu, yang ridho dengan ketetapanMu, dan yang merasa cukup dengan pemberianMu.” (HR Thabrani).

Doa Membersihkan Pikiran dan Hati Yang Kotor

Adakalanya seorang manusia yang diberikan akal pikiran oleh Allah SWt tidak lagi dapat membendung amarah sehingga dapat mengotori pikiran dan hatinya.

Jika suatu saat terjadi hal yang demikian maka segeralah meminta ampun kepada Allah kemudian membaca Doa Agar Hati Tenang :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ مُنْكَرَاتِ الأَخْلاَقِ ، وَالأَعْمَالِ ، وَالأَهْوَاءِ

Latin : Allohumma Inni A’udzu Bika Min Munkarootil Akhlaaqi Wal A’maali Wal Ahwaa.

Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek.”

Doa Mohon Dihindarkan Dari Rasa Cemas

Hati yang cemas akan mengakibatkan ketidaknyamanan didalamnya sehingga hati merasa sempit gelisah dan tidak nikmat.

Hal ini bisa saja terjadi karena sebagai manusia tidaklah bisa menghindar dari rasa hati yang cemas. Jika tidak ditolong Allah SWT.

Adapun Doa Agar Hati Tenang yang dapat dimohonkan kepada Allah SWT agar menjadi obat yang kuat untuk terhindarnya kecemasan hati adalah seperti dibawah ini.

اَللَّهُمَّ اِنِّى اَعُوْذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَاَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّ جَالِ

Latin : Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal huzni, wal ajzi, wal kasali, wal bukhli, wal jubni, wal dholaid daini, wa gholabatir rijali.

Artinya: “Ya Tuhanku, aku berlindung pada-Mu dari rasa sedih serta duka cita ataupun kecemasan, dari rasa lemah serta kemalasan, dari kebakhilan serta sifat pengecut, dan beban hutang serta tekanan orang-orang (jahat).”

Doa Mohon Diberikan Kesabaran Diri

Kesabaran yang kuat sangat didambakan oleh seorang hamba yang beriman. Karena dengan adanya sabar seorang hamba tersebut akan terhindar dari kerasnya hati yang menyebabkan hati tidak tenang.

Maka dari itu sudah selayaknya seorang yang beriman untuk tetap memohonkan doa kesabaran seperti ini.

رَبَّنَا لَا تُزِغْ قُلُوبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِن لَّدُنكَ رَحْمَةً ۚ إِنَّكَ أَنتَ الْوَهَّابُ

Latin : Rabbana la tuzigh qulubana ba’da idz hadaitana wahablana minladunka rahmatan innaka antal wahhab.

Artinya : “Wahai Tuhan kami, janganlah Engkau palingkan hati kami dari Islam setelah Engkau beri hidayah kepada kami. Limpahkanlah keimanan kepada kami dari sisi-Mu. Engkau Maha Pemberi rahmat kepada orang-orang mukmin.”

Doa Mohon Dimudahkan Semua Urusan

Jika berbicara ketenangan hati maka salah satu Doa Agar Hati Tenang untuk menjadikan hati tenang adalah dimudahkan segala urusan.

Karena mau atau tidak biasanya apabila urusan tidak kunjung selesai bahkan terkadang dipersulit dalam penyelesaiannya.

Maka hal ini dapat menimbulkan hati yang tidak tenang, hati gelisah dan tidak nyaman. Bagi kaum muslimin yang beriman apabila mendapatkan kasus demikian.

Selayaknya melantunkan doa kepada Allah SWT dengan tekun dan ikhlas seperti dibawah ini. Agar Allah SWT memudahkan semua urusan dalam kehidupan.

اللَّهُمَّ رَحْمَتَكَ أَرْجُو فَلاَ تَكِلْنِي إِلَى نَفْسِي طَرْفَةَ عَيْنٍ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِي كُلَّهُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ

Latin : Allahumma rahmataka arju fala takilni ila nafsi tharfaka ainin ashlihli syani kullahu lailaha illa anta.

Artinya : “Ya Allah, rahmat-Mu aku harapkan, maka janganlah Engkau bebankan pada diriku walau sekejap mata pun (urusan-urusan tersebut) dan perbaikilah segala urusanku, tidak ada Tuhan selain Engkau.

Doa Memohon Kepada Allah Terkait Keberkahan Dalam Hidup

Pada saat Allah memberikan ujian hidup yang banyak masalah, ruwet dan lain sebagainya tentu berfikir untuk mendapatkan berkahnya kehidupan.

Sehingga meskipun masalah bertubi-tubi akan tetapi jika Allah SWT memberikan keberkahan dalam hidup. Insya Allah hati akan nyaman tenang dalam merampungkan masalah tersebut.

Maka dari itu ada baiknya membaca Doa Agar Hati Tenang yang dirangkum dalam surat Ad-Dhuha seperti berikut.

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ

١ – وَالضُّحٰىۙ

٢ – وَالَّيْلِ اِذَا سَجٰىۙ

٣ – مَا وَدَّعَكَ رَبُّكَ وَمَا قَلٰىۗ

٤ – وَلَلْاٰخِرَةُ خَيْرٌ لَّكَ مِنَ الْاُوْلٰىۗ

٥ – وَلَسَوْفَ يُعْطِيْكَ رَبُّكَ فَتَرْضٰىۗ

٦ – اَلَمْ يَجِدْكَ يَتِيْمًا فَاٰوٰىۖ

٧ – وَوَجَدَكَ ضَاۤلًّا فَهَدٰىۖ

٨ – وَوَجَدَكَ عَاۤىِٕلًا فَاَغْنٰىۗ

٩ – فَاَمَّا الْيَتِيْمَ فَلَا تَقْهَرْۗ

١٠ – وَاَمَّا السَّاۤىِٕلَ فَلَا تَنْهَرْ

١١ – وَاَمَّا بِنِعْمَةِ رَبِّكَ فَحَدِّثْ

Latin : Waḍ ḍuḥaa. Wal laili iżaa sajaa. Maa wadda‘aka rabbuka wa maa qalaa. Wa lal aakhiratu khairul laka minal uulaa. Wa lasaufa yu‘ṭiika rabbuka fa tarḍoo.
Alam yajidka yatiiman fa aawaa. Wa wajadaka ḍaallan fa hadaa. Wa wajadaka ‘aa’ilan fa agnaa. Fa ammal-yatiima falaa taqhar. Wa ammas saa’ila falaa tanhar. Wa ammaa bini‘mati rabbika fa ḥaddiṡ.

Artinya: “Demi waktu duha (ketika matahari sepenggalah), demi malam apabila telah sunyi. Tuhanmu tidak meninggalkan engkau (Muhammad) dan tidak (pula) membencimu. Dan sungguh, yang kemudian itu lebih baik bagimu dari yang permulaan. Dan sungguh, kelak Tuhanmu pasti memberikan karunia-Nya kepadamu, sehingga engkau menjadi puas.”

Penutup

Hidup yang sudah dan senang itu merupakan jalan takdir Allah SWT, yang menjadikan keduanya adalah Allah.

Maka jika mendapatkan ujian yang buruk terkait hati yang tidak tenang jangan ragu untuk datang kepada Allah SWT dan sampaikanlah doa sesuai dengan masalah yang ada.

Beragam Doa Agar Hati Tenang diatas bisa dijadikan contoh untuk menyampaikan keluh kesah kepada Tuhan yang maha pemberi petunjuk.

Terimakasih sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat.

Baca juga :

Leave a Comment