Doa Agar Hujan Berhenti Dan Cuaca Cerah Arab, Latin Dan Artinya (Complete)

Terbentuknya cuaca cerah merupakan salah satu karya alam Allah SWT yang sangat indah dan stabil, namun akan diikuti oleh cuaca mendung dan hujan.

Hujan merupakan anugerah Allah SWT yang sangat bermanfaat bagi semua makhluk hidup di bumi. Hujan membuat tanah lebih subur dan membuat tanaman menjadi hijau.

Agar dunia terasa sejuk karena banyaknya rimbun, tanaman hijau dan pepohonan yang menaunginya.

Namun terkadang hujan menyebabkan bencana seperti banjir, tanah longsor, dan bahkan tsunami. Jika ini terus terjadi, bencana akan terus berkembang.

Kemampuan Sebuah Doa Untuk Mencegah Hujan

Dengan adanya hujan yang lebat sehingga banyak manusia yang meminta doa kepada Allah agar hujan yang deras berhenti dengan bersahabat.

Sebelum membahas terkait macam-macam doa meminta hujan berhenti, ada baiknya pahami dahulu kekuatan yang ada didalam sebuah doa.

Kekuatan dalam sebuah doa sampai dengan saat ini bagi ummat muslim yang beriman tidak lagi diragukan.

Karena dengan doa lah seorang hamba mencurahkan harapan kepada Allah SWT. Doa juga termasuk salah satu bukti ta’atnya seorang hamba.

Muslim sejati berkeyakinan kuat terkait doa yang dipanjatkan dengan penuh rasa harap hanya karena Allah dan RosulNya. Maka janji Allah akan mengabulkan semua doa tersebut.

Sebagaimana Firman Allah dalam Al-qur’an

(وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ)

Artinya: Dan Tuhanmu berfirman: “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.

Sedangkan didalam hadits Rosulullah SAW bersabda terkait kekuatan Doa.

إِذَا تَمَنَّى أَحَدُكُمْ فَلْيُكْثِرْ فَإِنَّمَا يَسْأَلُ رَبَّهُ عَزَّ وَجَلَّ

Artinya : “Barangsiapa yang mengangankan sesuatu (kepada Allah), maka perbanyaklah angan-angan tersebut karena ia sedang meminta kepada Allah ‘Azza wa Jalla.” (HR. Ibnu Hibban no. 889, dishahihkan al-Albani dalam Shahih al–Jami’ no. 437)

Kembali lagi dengan tema doa agar hujan berhenti, jika memang diwaktu itu dalam keadaan yang tidak memungkinkan turun hujan lebat.

Atau diturunkan Allah SWT hujan badai yang teramat lebat sehingga dikhawatirkan terjadinya korban bencana Alam.

Maka bagi seorang hamba yang taat tentunya akan meminta pertolongan kepada Allah untuk menyelamatkan dirinya dan orang lain dari bahayanya hujan.

Bagi kamu yang ingin mengetahui beragam bacaan doa agar huan berhenti ikuti terus bahasan artikel dibawah ini.

Beberapa Doa Agar Hujan Berhenti Seketika

Doa meminta agar hujan berhenti banyak macamnya tergantung dari keyakinan masing-masing ingin gunakan yang mana.

Yang terpenting niatnya diluruskan hanya meminta ridho Allah dan Rosulnya bukan karena ingin mendapat pujian dan lain sebagainya.

Adapun beberapa doa akan ditulis dalam rangkuman dibawah ini :

Doa Agar Hujan Berhenti Dan Cuaca Cerah

Rasulullah SAW berdoa :

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Latin : Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan,” (HR Bukhari Muslim).

Doa Pada Saat Terjadi Hujan Petir Agar Tidak Banjir

Nabi Muhammad SAW pada saat terjadi hujan lebat dan petir menggelegar Beliau berdoa :

سُبْحَانَ الَّذِيْ يُسَبِّحُ الرَّعْدُ بِحَمْدِهِ وَالْمَلَائِكَةُ مِنْ خِيْفَتِهِ

Latin : Subhaanalladzii yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.

Artinya: “Mahasuci Allah yang petir dan para malaikat bertasbih dengan memuji-Nya karena rasa takut kepada-Nya.”

Doa Pada Saat Terjadi Hujan dan Angin Kencang

Nabi Muhammad SAW saat hujan yang disertai dengan angin yang kencang beliau berdoa :

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Latin Allaahumma inni as-aluka koirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. (HR Muslim).

Doa Agar Selamat dari Bahaya Hujan Deras Dan Tidak Banjir

Diriwayatkan oleh Utsman bin Affan RA, Rasulullah SAW bersabda :

بِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Latin : (Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fillardhi wala fissamai wahuwassami’ul ‘alim)

Artiny: “Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui,” (HR Abu Daud dan Tirmidzi).

Doa Agar Hujan Berpindah Tempat Sesuai Sunnah

Sebagaimana Rasulullah SAW mengangkat kedua tangannya dan berdoa :

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

Artinya: “Ya Allah jadikan hujan ini di sekitar kami, bukan tepat di atas kami. Ya Allah jadikan hujan ini diatas perbukitan, anak-anak gunung, lembah-lembah, dan perhutanan.”

Doa Agar Hujan Turun Tidak Merusak Dan Artinya

Nabi Muhammad SAW mengajarkan bacaan doa agar hujan yang turun tidak merusak bumi :

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Latin : Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.

Artinya: Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turukan lah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.

Keterangan

Semua penjelasan berikut hadits yang ada diatas merupakan doa yang ditujukan untuk meminta kepada Allah agar hujan yang turn disuatu daerah berhenti.

Namun meskipun demikian Allah mengabulkan atau tidaknya semuanya merupakan kehendakNya. Allah yang lebih mengetahui apa-apa yang belum terjadi menurut manusia.

Jangan sampai doa tersebut dijadikan sesuatu yang dapat menghentikan hujan, karena Allah menghendaki sesuatu tidak terdorong oleh doa yang dipanjatkan.

Semuanya sudah ketentuan dari takdir Allah SWT, bahkan musibah sekalipun yang ditimpakan oleh Allah kepada manusia.

Itu semua merupakan kebaikan dan kasih sayang Allah terhadap makhlukNya. Karena Allah maha mengetahui apa yang dibutuhkan makhluk.

Leave a Comment