Doa Agar Tidak Hujan Saat Hajatan Menurut Islam! Arab & copmplete Artinya

Doa Agar Tidak Hujan – Hujan merupakan rahmat dari Allah SWT yang diberikan kepada semua makhluk hidup terlebih manusia.

Karena dengan hujanlah menjadikan tanah subur dan tumbuhan menjadi hijau serta tatanan bumi menjadi seimbang.

Sangat nampak jelas jika dibayangkan satu bulan saja hujan tidak diturunkan Allah SWT ke bumi ini. Sangat terasa gersang kehidupan sehari-hari yang dijalani.

Namun dibalik rahmat sebuah hujan yang diturunkan Allah SWT terkadang menjadi bencana yang tidak dapat ditolak oleh makhluk didunia jika sduah dikendaki Nya.

Maka dari itu sebagai makhluk dibolehkan untuk berdoa kepada Allah agar hujan yang turun merupakan rahmat dari Allah SWT. Bukan menjadi bencana dan lain sebagainya.

Sekilas Tentang Doa Agar Tidak Hujan

Meskipun hujan merupakan rahmat dari Allah SWT namun adakalanya hujan yang turun sangat deras disebuah wilayah tertentu.

Sehingga mengakibatkan bencana alam yang merusak daerah tersebut seperti tumbangnya pepohonan, tanah longsor dan lain sebagainya.

Dikhawatirkan jika hujan tak kunjung reda dengan derasnya akan menimbulkan banjir besar.

Sehingga kaum muslimin dianjurkan untuk berdoa memohon kepada Allah SWT agar selamat dari musibah banjir tersebut.

Terkadang juga hujan menjadikan aktifitas manusia terganggu hususnya yang berada diluar rumah.

Berharap kepada Allah agar hujan tersebut tidak turun dan aktifitas tetap berjalan dengan lancar. Maka diperbolehkan untuk doa agar tidak hujan diwaktu itu.

Sebenarnya hal ini merupakan qudrat dan Irodatnya tuhan dalam menurunkan atau tidak jadi menurunkan hujan dalam sebuah wilayah.

Karena manusia hanya meminta kepada Allah, bukanlah orang bisa memindahkan hujan dan menghentikan hujan. Namun sekali lagi itu semua adalah kehendak Allah SWT yang maha dari segalanya.

Pilihan Doa Agar Tidak Hujan

Sebenarnya doa agar hujan deras ini sudah di ajarkan kepada kita baik pada saat di jenjang pendidikan SD atau di tempat mengaji. Mungkin saja kita lupa nah disini kami mencoba mengingatkan kembali kepada kamu semua agar bisa hafal doa ini.

Tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah meminta pertolongan kepada Allah untuk tidak menurunkan hujan pada saat acara tertentu ataupun pada saat kalian ingin berpergian kesuatu tempat.

Dan banyak pilihan doa agar tidak hujan yang dapat dipakai yang sudah diajarkan oleh Rosulullah SAW. Jika Allah mengabulkan doa tersebut maka hujan tidak jadi turun.

Berikut adalah beberapa doa yang bisa dibaca jika menginginkan hujan tidak turun.

Doa Agar Tidak Hujan Deras Yang Merusak

Nabi Muhammad SAW memberikan tuntunan doa agar hujan yang akan turun disebuah daerah berhenti dengan kehendak Allah SWT.

Saat itu hujan yang trurun sangat deras sehingga menyebabkan makanan busuk dan juga akses jalan yang dilalui putus.

Pada dasarnya doa yang diapanjatkan oleh Rosulullah adalah doa agar hujan yang turun tidak membawa malapetaka.

Akan tetapi bisa juga dengan keyakinan yang kuat dan memohon kepada Allah SWT kemudian ber doa agar tidak hujan dibawah ini.

Dengan izin Allah dalam suatu daerah tersebut hujan tidak akan turun dan aktifitas akan berjalan sesuai rencana.

Adapun doaNya adalah seperti dibawah ini :

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَ

Latin : Allahumma hawalaina wa laa ‘alaina, allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wadhdhirabi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisysyajari

Artinya : ” Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan (hujan) yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.”

Doa Agar Tidak Hujan Yang Menyebabkan Madhorot

Ummat islam dianjurkan untuk berdoa agar terhindar dari musibah pada saat hujan turun.

Karena sering diperlihatkan Allah SWT menurunkan hujan dengan sangat lebat dan mennyebabkan bencana yang dibarengi angin kencang.

Tentunya sebagai hamba yang taat kepada Allah SWT jika melihat hal demikian hanya dapat berdoa dan mengharap kepada Allah agar selamat dari bencana tersebut.

Adapun doa yang cocok dibaca pada saat datangnya hujan deras dan angin kencang adalah sebagai berikut. Meminta kepada Allah SWT agar terhindar dari bencana alam.

ِسْمِ اللَّهِ الَّذِى لاَ يَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَىْءٌ فِى الأَرْضِ وَلاَ فِى السَّمَاءِ وَهُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ

Latin : Bismillahilladzi la yadhurru ma’asmihi syaiun fill ardhi wala fissamai wahuwas sami’ul ‘alim

Artinya : ” Dengan menyebut nama Allah yang dengan sebab nama-Nya tidak ada sesuatu pun di bumi maupun di langit yang dapat membahayakan (mendatangkan mudharat), dan Dia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa Agar Tidak Hujan Lebat Dan Angin Kencang

Hujan yang deras seringkali menjadikan rasa khawatir menjadi penyebab bencana menimpa dengan dibarengi angin kencang.

Tentunya hal ini tidak baik bagi kehidupan manusia sehingga banyak manusia bergumam dan berdoa kepada tuhan diwaktu itu.

Dengan memohon agar hujan berhenti dan tidak mengundang bencana alam disuatu wilayah yang mereka tempati.

Adapun salah satu doa yang dianjurkan untuk ummat islam pada saat huajan turun deras dan khawatir terjadi bencana alam adalah seperti dibawah ini.

اَللهُمَّ إِنِّيْ أَسْئَلُكَ خَيْرَهَا وَخَيْرَ مَا فِيْهَا وَخَيْرَمَا اُرْسِلَتْ بِهِ وَاَعُوْذُبِكَ مِنْ شَرِّهَا وَشَرِّمَا فِيْهَا وَشَرِّمَا اُرْسِلَتْ بِهِ

Latin : Allaahumma inni as-aluka koirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoiro maa ursilat bih. Wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.

Artinya: “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang ada di dalamnya, dan kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada di dalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.” (HR Muslim).

Keutamaan Hujan Yang Turun

Allah SWT menurunkan hujan tentunya memiliki tujuan dan manfaat bagi semua makhluknya. Meskipun ada beberapa Doa Agar Tidak Hujan namun ini hanya waktu-waktu tertentu saja.

Jika terkabul doanya semua itu kehendak dari Allah SWT yang menginginkan terkabulnya doa yang disampaikan.

Bukan berarti Allah SWT terdorong untuk mengabulkan doa yang sudah dimohonkan. Apa lagi mengaku bahwa manusia bisa menghentikan hujan dengan sendirinya.

Maka dari itu akan disampaikan juga terkait keutamaan hujan yang diturunkan Allah SWT dibawah ini :

Hujan Merupakan Berkah Dari Allah SWT

Didalam Al-qur’an sudah Allah jelaskan bahwa hujan adalah sebuah berkah yang Allah turunkan dibumi untuk makhluk hidup.

Sebagaimana Firman Allah SWT Qs. Qaaf Ayat 9

وَنَزَّلْنَا مِنَ السَّمَاءِ مَاءً مُبَارَكًا فَأَنْبَتْنَا بِهِ جَنَّاتٍ وَحَبَّ الْحَصِيدِ

Artiny : “Dan Kami turunkan dari langit air yang penuh keberkahan lalu Kami tumbuhkan dengan air itu pohon-pohon dan biji-biji tanaman yang diketam.” (QS Qaaf ayat 9).

Hujan Sebagai Rahmat Untuk Makhluk Nya

Hujan yang Allah SWT turunkan adalah sebuah rahmat bagi semua makhluk yang membutuhkannya. Karena salah satu bentuk keseimbangan Alam yang diciptakan Allah SWT.

Allah Berfirman dalam Qs. Az-Zukhruf : 11

وَالَّذِي نَزَّلَ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً بِقَدَرٍ فَأَنْشَرْنَا بِهِ بَلْدَةً مَيْتًا ۚ كَذَٰلِكَ تُخْرَجُونَ

Artinya : “Dan yang menurunkan air dari langit menurut kadar (yang diperlukan) lalu kami hidupkan dengan air itu negeri yang mati, seperti itulah kamu akan dikeluarkan (dari dalam kubur).”

Hujan Untuk Mensucikan Manusia

Keutamaan yang selanjutnya terkait hujan yang diturunkan Allah SWT adalah bisa menjadi alat untuk mensucikan manusia.

Sebagaimana Firman Allah Dalam QS. Al-Anfal : 11

إِذْ يُغَشِّيكُمُ النُّعَاسَ أَمَنَةً مِنْهُ وَيُنَزِّلُ عَلَيْكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً لِيُطَهِّرَكُمْ بِهِ وَيُذْهِبَ عَنْكُمْ رِجْزَ الشَّيْطَانِ وَلِيَرْبِطَ عَلَىٰ قُلُوبِكُمْ وَيُثَبِّتَ بِهِ الْأَقْدَامَ

Artinya : “(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penenteraman daripada-Nya, dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan-gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan mesmperteguh dengannya telapak kaki(mu).” (QS Al Anfal 11).

Penutup

Meskipun manusi dibolehkan untuk berdoa memohon kepada tuhan terkait Doa Agar Tidak Hujan. Namun jangan sampai doa tersebut dijadikan alat untuk mebodohi kaum yang lain.

Sebab Semua nya adalah kehendak Allah SWT. Mau hujan itu turun atau tidaknya sesuka Allah SWT. Manusia tidak dapat merubah atau menghentikan hujan yang akan dan sudah turun.

Terimakasih sudah berkunjung di web Omnidigital.id semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

Leave a Comment