Doa Setelah Sholat Fardhu Singkat, Lengkap tepat dan Latinnya

Doa Setelah Sholat Fardhu – Sekalipun itu doa dalam bacaan, tetaplah doa ketika sedang dikerjakan. Jika tidak dibarengi dengan salat tambahan, maka tidak ideal.

Islam adalah agama yang sangat menghargai perbedaan, atau rohmatan lil’alamin. Karena kasih karunia pada dasarnya adalah perbedaan.

Demikian juga, beberapa Muslim mengklaim bahwa tidak perlu berdoa setelah sholat.

Karena pembelaan mereka sendiri dan dalam mendukung umat Islam lainnya yang terus berdoa setelah shalat.

Harap menahan diri untuk tidak mengkritik umat Islam yang tidak melakukan Sholat Setelah Sholat Fardhu. untuk menyambung kehidupan umat Islam lainnya.

Lanjutkan membaca postingan Omnidigital.id ini sampai habis jika Anda seorang muslim dan ingin mengetahui manfaat dan tata cara shalat setelah shalat.

Setelah Sholat Fardu, Hadits Anjuran Sholat

Di tengah sebagian umat Islam yang tidak setuju dengan tradisi shalat lima waktu setelah shalat fardhu.

Kali ini akan dibahas dalil bahwa seorang hamba yang beragama Islam harus melaksanakan shalat setelah shalat.

Hadits Pertama

كَانَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَعَوَّذُ دُبُرَ كُلِّ صَلاةٍ مِنْ أَرْبَعٍ، يَقُولُ: ” اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ النَّارِ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الفِتَنِ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، اللهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْأَعْوَرِ الْكَذَّابِ 

Artinya : Adalah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam berlindung kepada Allah azza wa jalla dari empat perkara ketika setiap dubur (selesai) shalat: (ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadMu dari adzab qubur, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadaMu dari adzab neraka, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepada dari segala fitnah yang Nampak maupun tersembunyi, ya Allah azza wa jalla aku berlindung kepadamu dari fitnah si mata satu yang tukang dusta (Dajjal)” (H.R. Ahmad no.2778).

Hadits Ke Dua

كَانَ سَعْدٌ، يُعَلِّمُ بَنِيهِ هَؤُلاَءِ الكَلِمَاتِ كَمَا يُعَلِّمُ الْمُكَتِّبُ الغِلْمَانَ وَيَقُولُ: إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ بِهِنَّ دُبُرَ الصَّلاَةِ: اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وَعَذَابِ القَبْرِ.

Artinya : Sa’d bin Abi Waqqash bahwa ia mengajarkan anak-anaknya sebuah do’a sebagimana seseorang sedang mengajarkan anak kecil menulis dan beliau berkata: sesungguhnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam ketika dubur (selesai) shalat beliau berdoa: (ya Allah azza wa jalla sesungguhnya aku meminta perlindungan kepadamu dari sifat pelit, dan aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, dan aku meminta perlindunganmu dari sifat pikun, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepadamu dari adzab qubur” (H.R. Bukhari 2822, Attirmidzi 3567)

Hadits Ke Tiga

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ بِيَدِهِ يَوْمًا، ثُمَّ قَالَ: ” يَا مُعَاذُ إِنِّي لَأُحِبُّكَ “. فَقَالَ لَهُ مُعَاذٌ: بِأَبِي أَنْتَ وَأُمِّي يَا رَسُولَ اللهِ وَأَنَا أُحِبُّكَ. قَالَ: ” أُوصِيكَ يَا مُعَاذُ لَا تَدَعَنَّ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلَاةٍ أَنْ تَقُولَ: اللهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ “

Artinya : Pernah suatu hari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memegang tangannya seraya bersabda (wahi Mu’adz, sungguh aku mencintaimu) lalu Muadzpun menimpali: (demi ayah dan ibuku wahai Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, sungguh aku mencintaimu) lalu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: (aku berwashiat agar engkau tidak pernah meninggalkan untuk membaca doa berikut setiap di dubur shalat: ya Allah azza wa jalla bantulah aku untuk senantiasa berdzikir kepadaMu, dan mensyukuriMu, dan baik dalam dalam beribadah kepadaMu” (H.R. Ahmad 22119, An-Nasai 13303, Abu Dawud 15522, Ibnu Hibban )

Hadits Ke Empat

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقُولُ فِي دُبُرِ كُلِّ صَلاَةٍ مَكْتُوبَةٍ: «لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ، وَلَهُ الحَمْدُ، وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ».

Artinya : “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam tiap kali dubur shalat. Beliau membaca: (Tidak ada Tuhan selain Allah azza wa jalla semat, dan tidak ada sekutu bagiNya. MilikNyalah segala kerajaan, dan bagiNyalah segala pujian, dan Allah azza wa jalla maha mampu atas segala sesuatu, ya Allah azza wa jalla. Sungguh tidak ada yang mampu menahan pemberianmu, dan taka da yang mampu memberi apa yang engkau tahan, dan kekayaan seseorang tidak mampu menyelamatkannya dari siksamu di akhirat kelak)” (H.R Bukhari dan Muslim ).

Bacaan Doa Setelah Sholat 5 Waktu

Diatas sudah dituliskan terkait hadits Doa Setelah Sholat Fardhu maka selanjutnya akan disampaikan beberapa doa yang sering dibaca oleh Rosulullah setelah selesai sholat.

Sebenarnya doa apa saja yang penting makna dan tujuannya baik tidak menjadi masalah. Terlebih jika menginginkan hajat duniawi tentu selain bekerja harus dibarengi doa juga.

Sedangkan waktu luang untuk berdoa hususnya bagi para pekerja adalah saat selesai melaksanakan sholat fardu 5 waktu.

Akan tetapi lebih bagusnya mengikuti doa yang sering dibaca oleh Rosulullah SAW jika ingin mengambil sunnah dan barokahnya.

Adapun beberapa Doa Setelah Sholat Fardhu bisa dilihat dibawah ini :

Doa Setelah sholat Yang Ke satu

لاَ إِلَـهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرُ، اَللَّهُمَّ لاَ مَانِعَ لِمَا أَعْطَيْتَ، وَلاَ مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، وَلاَ يَنْفَعُ ذَا الْجَدِّ مِنْكَ الْجَدُّ

Artinya : “Tidak ada Tuhan selain Allah azza wa jalla semat, dan tidak ada sekutu bagiNya, milikNyalah segala kerajaan, dan bagiNyalah segala pujian, dan Allah azza wa jalla maha mampu atas segala sesuatu, ya Allah azza wa jalla, sungguh tidak ada yang mampu menahan pemberianmu, dan taka da yang mampu memberi apa yang engkau tahan, dan kekayaan seseorang tidak mampu menyelamatkannya dari siksamu di akhirat kelak”.

Doa Setelah sholat Yang Ke Dua

Diriwayatkan oleh Sa’id bin Abi Waqqash Sesungguhnya Rasulullah SAW setiap kali selesai dari shalat beliau berdoa :

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البُخْلِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الجُبْنِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أُرَدَّ إِلَى أَرْذَلِ العُمُرِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الدُّنْيَا وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ القَبْرِ

Artinya : “Ya Allah azza wa jalla sesungguhnya aku meminta perlindungan kepadamu dari sifat pelit, dan aku berlindung kepadamu dari sifat pengecut, dan aku meminta perlindunganmu dari sifat pikun, dan aku berlindung kepadamu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepadamu dari adzab qubur” (H.R. Bukhari )

Doa Setelah sholat Yang Ke Tiga

Ummu salamah menyampaikan : Bahwa Rasulullah SAW apabila selesai shalat subuh beliau berdoa:

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَرِزْقًا طَيِّبًا، وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Artinya : “ya Allah azza wa jalla aku meminta kepadamu ilmu yang bermanfaat, dan rezqi yang Thoyyib, dan amalan yang diterima” H.R. Ahmad dan Ibnu Majah.

Doa Setelah sholat Yang Ke Empat

Diriwayatkan oleh Mu’adz bin Jabal : Bahwasanya Rasulullah SAW berwasiat kepadanya agar tidak meninggalkan doa setiap ahir sholat dengan kalimat ini :

اللَّهُمَّ أَعِنِّيْ عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Artinya : ya Allah azza wa jalla bantulah aku untuk bisa selalu berdzikir kepadaMu, dan mensyukuriMu, dan bagus dalam beribadah kepadaMu) H.R. Abu Dawud, dan Annasai dengan sanad yang kuat.

Penutup

Inilah penjelasan terkait doa setelah sholat fardhu 5 waktu semoga bermanfaat sebagai amalan tambahan setelah sholat.

Saya sampaikan apabila ada penulisan atau penjelasan terkait tulisan Doa Setelah Sholat Fardhu dan juga hadits Rosulullah maka mohon diluruskan.

Akhirkata Wallahu A’lam wassalamu A’laikum…

Leave a Comment