Ucapan Fii Amanillah Artinya Adalah (Arab & Tepat Jawabannya)

Fii Amanillah Artinya Adalah – Didalam agama islam semua ucapan bisa manjadi doa, jika berkata buruk maka bisa jadi akan menjadi doa yang buruk dan sebaliknya jika berkata baik maka akan menjadi doa baik juga.

Maka dari itu dianjurkan ummat muslim agar dapat berkata yang baik-baik agar menjadi doa yang baik pula bagi seseorang yang mendengankan atau yang mengucapkan.

إِنَّ الْعَبْدَ لَيَتَكَلَّمُ بِالْكَلِمَةِ، يَنْزِلُ بِهَا فِي النَّارِ أَبْعَدَ مَا بَيْنَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ

 

 

Artinya: “Sesungguhnya seorang hamba mengucapkan kalimat tanpa dipikirkan terlebih dahulu, dan karenanya dia terjatuh ke dalam neraka sejauh antara timur dan barat.” – HR. Muslim.

مَنْ يَضْمَنَّ لِي مَابَيْنَ لِحْيَيْهِ وَمَا بَيْنَ رِجْلَيْهِ أَضْمَنْ لَهُ الْجَنَّةَ

 

 

Artinya: “Barangsiapa bisa memberikan jaminan kepadaku (untuk menjaga) apa yang ada di antara dua janggutnya dan dua kakinya, maka kuberikan kepadanya jaminan masuk surga”. – HR. Muslim.

Sekilas Tentang Kalimat Fii Amanillah Arab

Dari uraian dan penjelasan hadist diatas jelas memberikan anjuran kepada ummat muslim untuk mengucapklan kata-kata yang baik agar menjadi sebuah doa.

Adapun salah satu kalimat baik yang bisa diucapkan saat seseorang akan bepergian adalah Fii Amanillah “في امان الله” yang memiliki arti “Semoga Engkau Dalam Perlindungan Allah SWT”.

 

 

Hal diatas termasuk juga salah satu anjuran untuk mendoakan orang lain saat bepergian, karena hanya Allah SWT lah yang dapat memberikan perlindungan.

Karena mendoakan saudara atau teman yang akan bepergian adalah hal yang sangat dianjurkan oleh Rosulullah SAW didalam hadistnya seraya berdoa.

أَسْتَوْدِعُ اللَّهَ دِينَكَ وَأَمَانَتَكَ وَخَوَاتِيمَ عَمَلِكَ زَوَّدَكَ اللهُ التَّقْوَى، وَغَفَرَ ذَنْبَكَ، وَيَسَّرَ لَكَ الْخَيْرَ حَيْثُ مَا كُنْتَ

Latin : Astaudi’ullaha dinaka wa amanataka wa khowatima ‘amalika zawwadakallahut taqwa wa ghafaro zanbaka wa yassaro lakal khoiro haitsuma kunta.

 

Artinya : “Aku menitipkan kepada Allah agamamu, amanahmu dan penutup amalmu. Semoga Allah membekalimu ketakwaan, mengampuni dosa-dosamu, dan memudahkan kebaikan kepadamu di mana pun kamu berada.”

Hadits diatas merupakan anjuran untuk berkata atau berdoa yang baik terhadap sahabat atau teman yang akan bepergian.

Apabila tidak hafal doa yang panjang maka cukup dengan mengucapkan kalimat في امان الله” yang memiliki arti “Semoga Engkau Dalam Perlindungan Allah SWT”.

Banyak Versi Pengucapan Kalimat Fii Amanillah “في امان الله

Cara pengucapan kalimat Fii Amanillah artinya banyak versi yang menjadiklan pelafalan kalimat tersebut berbeda. Hal ini jangan menjadikan kamu bingung bahkan sampai menyalahkan orang lain.

Berikut beberapa pengucapan kalimat Fii Amanillah yang bisa diucapkan dengan baik dan benar.

Dari beragam versi pengucapan sebenarnya memiliki makna yang yang sama yaitu memohon harapan perlindungan kepada Allah AWT.

 

 

Mengucapkan kalimat Fi Amanillah sangat cocok ketika ada keluarga atau kerabat atau teman yang saat itu akan melakukan perjalanan “Bepergian”.

Jika seseorang tersebut mengucapkan doa Fi Amanillah dengan tulus ikhlas maka akan menjadi keberkahan dalam lindungan Allah SWT untuk orang yang akan bepergian tersebut.

Sedangkan untuk yang mengucapkannya akan berbuah menjadi pahala atau kebaikan yang dicatat oleh malaikat.

Apalagi ucapan atau doa yang disampaikan kepada kerabat tersebut secara diam-diam tidak diketahui oleh orang yang didoakan.

Karena hal tersebut sangat disenangi oleh Rosulullah SAW terkait mendoakan orang lain dengan diam-diam.

Rosulullah mengabadikan didalm hadistnya terkait mendoakan orang lain secara diam-diam.

مَا مِنْ عَبْدٍ مُسْلِمٍ يَدْعُو لِأَخِيهِ بِظَهْرِ الْغَيْبِ إِلَّا قَالَ الْمَلَكُ وَلَكَ بِمِثْلٍ

 

 

Artinya “Tidak ada seorang muslim pun yang mendoakan kebaikan bagi saudaranya (sesama muslim) tanpa sepengetahuannya, melainkan malaikat akan berkata, “Dan bagimu juga kebaikan yang sama.” (HR. Muslim no. 4912)

Waktu Yang Tepat Untuk Mengucapkan Kalimat Fi Amanillah

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa kalimat Fi Amanillah diucapkan untuk mengharap perlindungan dari Allah SWT kepada orang yang sedang atau akan melakukan perjalanan.

Namun jika masih bertanya-tanya terkait kapan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat Fi Amanillah.

Maka didalam artikel Omnidigital.id akan disampaikan beberapa waktu yang tepat untuk mengucapkan lafazd Fi Amanillah.

Adapun waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat Fi Amanillah kepada orang lain adalah sebagai berikut ;

  • Orang tersebut akan menemui kerabat atau teman yang sedang sakit atau ditimpa musibah
  • Orang yang sedang atau akan menjalankan amanah apapun, baik itu berupa jabatan atau berupa tanggung jawab yang sudah diberikan
  • Kepada seseorang yang akan atau sedang menjalankan tugas pekerjaan yang memiliki resiko besar

Cara Menjawab Kalimat Fii Amanillah

Sebagai seorang muslim yang taat tentunya jika mendapatkan doa atau ucapan dari muslim lainnya maka ia akan semangat menerima dan mendoakannya kembali.

Begitu juga saat mendengarkan kalimat Fi Amanillah karena itu adalah sebagai doa maka harus tahu juga cara menjawab doa tersebut sehingga terjalinlah “Dua insan yang saliang mendoakan”.

Berikut jawaban doa yang bisa diucapkan setelah mendapatkan ucapan kalimat Fi Amanillah maka ucapkanlah.

مَعَ السَّلاَمَة

Latin: Ma’assalamah

Artinya : “Semoga keselamatan menyertaimu.”

Cukup ucapkan kembali dengan kalimat tersebut diatas, dengan hal demikian maka keduanya insya Allah akan mendapatkan keselamatan dari Allah SWT.

Penutup

Demikianlah yang bisa disampaikan terkait kalimat Fii Amanillah Artinya yang ditulis sebagai artikel dalam web Omnidigital.id.

 

 

Semoga bermanfaat untuk ummat muslim seluruh dunia, sehingga terjalinlah persaudaraan sesama muslim.

Dengan penjelasan singkat diatas semoga Allah SWT menolong kita semua untuk dapat mengamalkan sunnah salah satunya mendoakan sesama muslim.

Sekian dan demikian Wallahu A’lam…

Leave a Comment