6 Best Minuman Untuk Penderita Diabetes yang Baik Dikonsumsi

Ada minuman sehat lain untuk penderita diabetes selain air putih, seperti yang Anda lihat. Penyakit kronis termasuk diabetes. Peningkatan kadar gula darah adalah ciri khas dari penyakit ini.

Oleh karena itu, mereka yang sudah terdiagnosis diabetes harus bisa mengatur konsumsi makanan dan minuman sehari-hari. Sangat disarankan agar penderita diabetes menghindari konsumsi makanan dan minuman manis.

Jika seorang penderita diabetes ingin mengkonsumsi makanan dan minuman manis, maka harus diperhatikan konsentrasi gula yang maksimal. Namun, yang terbaik adalah menjauhi makanan dan minuman dengan banyak gula.

Beberapa batasan diet dan minuman berlaku untuk penderita diabetes. Ternyata, penderita diabetes bisa minum enam jenis minuman berbeda setiap hari. Minuman ini termasuk teh herbal dan susu rendah lemak selain air.

Ingin tahu minuman terbaik untuk penderita diabetes? Simak ulasannya di bawah ini.

Minuman Lain untuk Penderita Diabetes Selain Air Putih

Menurut US News, minuman yang tercantum di bawah ini direkomendasikan untuk penderita diabetes.

1. Jus Buah

Anda boleh membuat jus buah agar tetap bisa dikonsumsi meski menderita diabetes. Namun, tidak semua buah yang dijus sehat untuk penderita diabetes.

Tahukah Anda, jus juga bisa menjadi minuman yang tidak boleh dikonsumsi. Jus buah yang benar-benar berasal dari buah asli masih tersedia untuk Anda nikmati.

 

Sobat, jika ingin mengkonsumsi jus buah, pastikan jus tersebut benar-benar berasal dari buah alami atau asli. Dan selalu ingat bahwa jus buah tidak boleh dibuat dengan gula atau pemanis lainnya. Cukup tambahkan air ke dalam campuran untuk digabungkan. Jus tomat adalah ilustrasi jus buah yang sehat untuk penderita diabetes.

2. Smoothie

Karena smoothie dan jus buah terbuat dari buah, keduanya sangat mirip. Sederhananya, smoothie memiliki tekstur yang lebih kental daripada jus buah dan lebih kental akibat komponen tambahan yang dikandungnya.

Bagi penderita diabetes, smoothie adalah minuman yang baik. Yoghurt Yunani dapat dimasukkan dalam smoothie bersama dengan bahan lainnya. Selain itu, menggunakan buah beri dalam smoothie adalah pilihan yang bagus.

Saran lainnya adalah menggunakan buah beku dalam smoothies untuk mendapatkan banyak rasa tanpa mencairkan esnya.

3. Air Beraroma

Salah satu jenis minuman yang bisa dikonsumsi penderita diabetes adalah infused water. Air infus buah ini dibuat dengan menggabungkan air biasa dengan buah dan mendiamkannya sebentar.

Biasanya, banyak orang menambahkan irisan lemon, kiwi, mentimun, jeruk nipis, daun mint, serta buah dan sayuran lainnya ke dalam air agar meresap. Lalu campurkan daun kemangi dengan jahe.

4. Espresso

Siapa yang sekarang ini tidak menyukai kopi? Kopi tetap bisa dikonsumsi jika Anda menderita diabetes.

Kopi adalah minuman dengan banyak antioksidan. Selain itu, kafein, yang ditemukan dalam kopi dan membantu meningkatkan kekebalan tubuh,

Minuman berkafein masih bisa dikonsumsi dalam jumlah sedang oleh penderita diabetes. Teman-teman, sangat penting untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi kopi.

Dan ingat untuk tidak menambahkan banyak gula, krim, atau susu saat menyiapkan atau memblender kopi. bahkan sangat disarankan untuk menyiapkan kopi tanpa gula.

5. Teh Alami

Minuman favorit semua orang adalah teh panas. Selain kopi, teh juga memiliki banyak antioksidan yang baik untuk menjaga kekebalan tubuh. Namun jika Anda pernah diberitahu mengidap diabetes, salah satu minuman yang tidak boleh Anda konsumsi adalah teh manis.

Teh herbal bisa diminum setiap hari. Teh herbal dapat diminum tanpa gula oleh penderita diabetes karena dihasilkan dari berbagai rempah. Teh jahe adalah salah satu ilustrasinya.

6. Susu Rendah Lemak

Selain itu dianggap aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, minuman ini. Protein dan lemak dalam susu dapat membantu menyeimbangkan penyerapan gula, itulah alasannya.

Produk susu rendah lemak merupakan sumber kalsium dan vitamin D yang baik. Kedua bahan tersebut merupakan nutrisi penting yang harus dikonsumsi secara teratur.

Diabetes, Penyebabnya, dan Gejalanya

Definisi diabetes disediakan di sini. Memahami penyebab, gejala, dan jenis diabetes adalah yang utama.

Diabetes adalah kondisi kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah. Sumber energi berupa glukosa tidak dapat dimanfaatkan oleh tubuh penderita diabetes.

Produksi hormon insulin pankreas mengatur kadar glukosa darah. Diabetes memengaruhi seberapa baik pankreas memproduksi hormon insulin. Akibatnya, sel-sel tubuh tidak mampu menyerap dan mengubah glukosa menjadi energi bagi tubuh.

Penyebab Diabetes

Lalu apa yang memicu diabetes? Diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 masing-masing memiliki jenis penyebab yang berbeda. Penjelasannya adalah sebagai berikut:

Tipe 1

Diabetes autoimun adalah nama yang diberikan untuk bentuk diabetes ini. Masih ada ketidakpastian seputar penyebabnya. Diabetes tipe 1 dikatakan dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan keturunan.

ketika sel-sel pankreas secara tidak sengaja diserang oleh sistem kekebalan dan dihancurkan. Hal ini menyebabkan glukosa darah meningkat, yang pada gilirannya menyebabkan kerusakan organ.

Tipe 2

Prevalensi diabetes tipe relatif tinggi. Ketika sel-sel tubuh kurang responsif terhadap insulin, diabetes tipe 2 berkembang. sehingga insulin pankreas tidak dapat digunakan dengan tepat. Resistensi insulin adalah nama lain untuk diabetes 2.

tanda-tanda diabetes

Kami akan membahas beberapa gejala diabetes tipe 1 dan tipe 2 dalam paragraf di bawah ini.

Karena diabetes tipe 1 dapat memanifestasikan dirinya dengan sangat cepat, bahkan dari beberapa hari hingga beberapa minggu, Banyak orang tidak mengetahui bahwa penderita diabetes tipe 2 sebenarnya sudah lama mengidap penyakit tersebut. Hal ini disebabkan kurangnya spesifisitas dalam gejala diabetes tipe 2.

Karakteristik diabetes tipe 1 dan tipe 2

– Berat badan menurun tapi tidak ada sebab atau sebab yang jelas

– Kencing berulang, terutama pada malam hari

– Terkadang merasa sangat lapar dan haus.

– Lemah dan mudah tenggelam

– Penglihatan terdistorsi

– Akan sulit bagi luka untuk sembuh dan mengering jika ada.

– Infeksi dapat terjadi pada vagina, kulit, saluran kemih, atau gusi.

– Mulut mengering.

– Ada gatal di kulit.

– Adanya bercak hitam, indikasi resistensi insulin, di ketiak, leher, dan selangkangan.

Untuk memastikan kondisi kesehatan sobat, ada baiknya sobat segera menghubungi dokter jika sudah mengalami gejala-gejala aneh di atas.

Leave a Comment