Dengan bantuan penilaian ini, guru dapat memutuskan apakah siswa siap untuk melanjutkan ke tingkat pembelajaran berikutnya atau jika diperlukan pengujian lebih lanjut.
Oleh karena itu, Anda harus rajin mengerjakan soal-soal latihan agar lulus ujian. Selain itu, mata pelajaran Matematika (MTK) menjadi penting karena pembelajaran matematika membutuhkan pemahaman bukan hafalan.
Kelas 9 Semester 1 Bank Soal UAS MTK
Kita perlu mempersiapkan ujian, atau ujian seperti yang lebih sering dikenal, dengan rajin belajar. Tidak ada mata pelajaran yang terkecuali, terutama matematika, yang membutuhkan fokus lebih besar daripada mata pelajaran lainnya. Mari berlatih menjawab soal yang telah dipadatkan oleh Omnidigital.id dari berbagai sumber agar bisa menjawab soal ulangan:
Soal UAS MTK Kelas 9 Semester 1 Bagian 1
- Hasil perkalian (2/3)3 x (3/4)2 sama dengan ….
- a. 1/3
- b. 1/6
- c. 3
- d. 6
Jawaban : b
2. Bentuk baku dari bilangan 0,0000351 adalah ….
- b. 3,51 x 10-5
- a. 3,51 x 10-6
- c. 3,51 x 105
- d. 3,51 x 106
Jawaban : b
3. Persamaan 2x(x+3) = 5(x-1) jika diubah ke bentuk persamaan kuadrat adalah ….
- a. 2x2 + 5 = 0
- b. 2x2 + x + 5 = 0
- c. 2x2 + x -5 = 0
- d. 2x2 + 11x – 5 = 0
Jawaban : b
4. Akar dari persamaan kuadrat 2x2 + 5x – 3 = 0 adalah ….
- a. -1/2 dan -3
- b. ½ dan -3
- c. -1/2 dan 3
- d. ½ dan 3
Jawaban : b
5. Berdasarkan nilai deskriminannya, jenis akar pada persamaan kuadrat 2x2 -3x + 1 = 0 adalah ….
- a. Memiliki akar kembar
- b. Memiliki akar imajiner
- c. Memiliki akar berbeda
- d. Memiliki akar lebih dari dua
Jawaban : c
6. Sumbu simetri grafik f(x) = 2x2 – 10x + 12 adalah ….
- a. X=5 1/2
- b. X=5
- c. X=3
- d. X=2 ½
Jawaban : d
7. Grafik fungsi y = x2 + 3 dapat diperoleh dengan …..
- a. Menggeser grafik y = x2 sejauh 3 satuan ke atas
- b. Menggeser grafik y = x2 sejauh 3 satuan ke bawah
- c. Menggeser grafik y = x2 sejauh 3 satuan ke kiri
- d. Menggeser grafik y = x2 sejauh 3 satuan ke kanan
Jawaban : a
8. Titik B(7,-2) dicerminkan terhadap garis y = -x lalu ditranslasi oleh (-13) akan menghasilkan bayangan ….
- a. B’(-3,10)
- b. B’(3,-10)
- c. B’(-1,-4)
- d. B’(1,-4)
Jawaban : d
9. Jika x1 dan x2 merupakan akar – akar persamaan x2 + 2x – 15 = 0 maka nilai dari x1 + x2 = ….
- a. 8
- b. 2
- c. -2
- d. -8
Jawaban : b
Bagian 2 Soal UAS Mapel MTK Semester 1
10. Bentuk sederhana dari d8 : d5 adalah …..
- a. d3
- b. d8
- c. d5
- d. d13
Jawaban : a
11. Nilai minimum dari fungsi y = x2 + 8x + 15 adalah …..
- a. Y = 2
- b. Y = 1
- c. Y = -2
- d. Y = -1
Jawaban : d
12. Koordinat bayangan titik P(3 , 4) hasil refleksi terhadap garis x = -1 adalah …..
- a. P’(-5 , 4)
- b. P’(5 , 4)
- c. P’(-5 , -4)
- d. P’(5 , -4)
Jawaban : a
13. Diketahui fungsi y = x2 + 3x + 5 memiliki nilai diskriminan D = -11 Pernyataan yang benar untuk grafik fungsi y adalah …..
- a. Memotong sumbu x di dua titik yang berbeda
- b. Memotong sumbu x di satu titik
- c. Tidak memotong sumbu x
- d. Grafik parabola membuka ke bawah
Jawaban : c
14. fungsi kuadrat y = 2x2 – 12x + 16 akan dibuat sudut suatu segitiga. Titik – titik sudut segitiga tersebut merupakan titik potong sumbu x dan titik puncak. Luas segitiga tersebut adalah …..
- a. 8 satuan luas
- b. 4 satuan luas
- c. 2 satuan luas
- d. 1 satuan luas
Jawaban : c
15. Grafik fungsi y = x2 – 6x – 16 pernyataan yang benar adalah …..
- a. Memiliki sumbu simetri x = 6
- b. Koordinat titik potong terhadap sumbu y adalah (0 , 16)
- c. Memiliki nilai minimum y = -25
- d. Memotong sumbu x di satu titik
Jawaban : c
16. Manakah dari persamaan – persamaan kuadrat berikut yang memiliki dua akar yang berbeda …..
- x2 + 5x + 4 = 0
- x2 + 6x + 9 = 0
- x2 – 9 = 0
- x2 + 2x + 5 = 0
- a. 1 dan 3
- b. 2 dan 3
- c. 1 dan 4
- d. 2 dan 4
Jawaban : c
Bagian 3 Soal Ulangan Akhir Semester Mapel Matematika Semester 1
17. Hasil dari 10-3 adalah
Jawaban : 0,001
18. Nilai 27.126.600 bentuk bakunya adalah …..
Jawaban : 2,71266 x 107
19. Ada sebuah benda yang jatuh dari ketinggian 50 meter dengan fungfi h = 15t2 + 60 dimana h adalah tinggi benda setelah tinggi balon, maka nilai t disaat balon menyentuh tanah adalah?
Jawaban : 2 detik
20. pabila ada dua bilangan yang jika dijumlahkan menghasilkan 30. Dan bilangan tersebut apabila dikalikan akan menghasilkan nilai y maksimun, berapakah nilai dari kedua bilangan tersebut?
Jawaban : 15 dan 15
21. Setiap 13 menit suatu bakteri dapat membelah diri menjadi 3, apabila pada mulanya banyak bakteri 20, agar bakteri berjumlah 14.580 bakteri butuh waktu selama T menit untuk membelah diri. Jika bakteri tersebut setiap 26 menit dapat membelah diri menjadi 3, berapa banyak bakteri setelah waktu T menit?
Jawaban : 540 bakteri
22. Sebidang halaman sekolah berbentuk persegi panjang dengan panjang Q meter dan lebar 3 meter kurang dari panjangnya, apabila 34 meter adalah keliling dari halaman sekolah terebut, berapa panjang dan lebar halaman sekolah berturut – turut?
Jawaban : 10 meter, 7 meter
23. Koordinat titik – titik sudut sebuah bidang belah ketupat adalah A(-4,4), B(1,-2), C(6,4) D(1,10). Kemudian dengan factor skala -2 belah ketupat tersebut didilatasi. Berapakan luas satuan belah ketupat ABCD?
Jawaban : 240 satuan
24. Bentuk grafik fungsi kuadrat adalah?
Jawaban : Parabola
25. Hasil dari bilangan nol yang dipangkatkan dengan bilangan bulat positif adalah?
Jawaban : Bilangan nol
Penutupan
Contoh soal UAS MTK Kelas 9 Semester 1 adalah sebagai berikut. Semoga materi ini dapat membantu anda dalam mempersiapkan UAS Semester 1 dengan mendidik anda. Untuk sementara, Anda mungkin menganggap ulasan ini bermanfaat.